Cara amankan percakapan di WhatsApp dengan menyimpan di Google Drive

Baca Juga

PJ Blog | Mungkin dari kita terutama pengguna aplikasi Android WhatsApp (WA) yang tidak ingin kehilangan data chatingan WhatsApp karena mungkin setelah melakukan install ulang WhatsApp atau ganti hp, padahal data chattingan tersebut isinya sangat penting. Nah, sebelum mengalami kehilangan data chattingan WhatsApp tentunya jalan terbaik adalah dengan melakukan pencadangan (backUp) data yang nantinya bila ada trouble dengan aplikasi WhatsApp (WA)-nya bisa dikembalikan lagi seperti sedia kala.

Berikut ini admin akan berbagi cara amankan percakapan di WhatsApp dengan menyimpan di Google Drive, oh ya tentunya sobat semua harus punya email donk. Bagi yang tau sebenarnya kita dapat mencadangkan chat dan media kita di WhatsApp ke Google Drive, sehingga jika kita menukar telepon atau mendapatkan telepon Android baru, riwayat chat dan media kita dapat ditransfer.

WhatsApp telah merekomendasikan kita melalui website resminya untuk menghubungkan telepon ke jaringan Wi-Fi sebelum mencadangkan chat ke Google Drive, karena ukuran file cadangan bervariasi dan dapat mengonsumsi data seluler, sehingga dapat menyebabkan biaya tambahan.

Adapun persyaratan minimum untuk menggunakan cadangan Google Drive ini, kita harus memiliki dan memahami beberapa persyaratan, diantaranya adalah :
  • Sebuah akun Google yang aktif pada telepon kita.
  • Aplikasi Layanan Google Play dari Google Play terpasang di telepon Anda. Catatan: Layanan Google Play hanya tersedia untuk Android 2.3.4 dan yang lebih baru.
  • Cukup ruang pada Google Drive untuk pesan dan media WhatsApp, termasuk foto, video, pesan suara, dan file audio.
  • Cukup ruang pada telepon Anda untuk membuat file cadangan.

Adapun langkah-langkah untuk membuat cadangan di Google Drive adalah sebagai berikut:

Langkah pertama kita harus buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Kunjungi Tombol Menu > Setelan > Chatting > Cadangan chat.
  • Ketuk Cadangkan ke Google Drive dan frekuensi cadangan yang Anda inginkan.

Kita akan diminta untuk memilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google, ketuk Tambahkan akun ketika diminta. Mohon ingat akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan. Ketuk Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Harap diperhatikan bahwa mencadangkan lewat jaringan seluler mungkin dapat menyebabkan biaya data tambahan.

Kita juga dapat mencadangkan chat kita secara manual ke Google Drive kapan saja dan tentunya dimana saja, yaitu dengan cara:
  • Buka WhatsApp.
  • Kunjungi Tombol Menu > Setelan > Chatting > Cadangan chat.

Ketuk Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan apa saja selain Jangan pernah. Ketuk Cadangkan untuk memulai pencadangan ke Google Drive. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa saat. Catatan: Tergantung pada ukuran riwayat chat, pencadangan yang pertama mungkin memakan waktu yang cukup lama. Kami merekomendasikan agar Anda menyambungkan telepon Anda ke sumber daya. Namun, pencadangan selanjutnya bersifat tambahan, oleh karena itu tidak memerlukan pencadangan keseluruhan dari semua data Anda setiap kalinya.

Perlu diingat dan tentunya sangat Penting: Bahwa Media dan pesan yang kita cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp ketika berada di Google Drive.