Artikel Kedokteran : Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal Akut (GGA) Renal

Baca Juga

Ulasan yang akan coba kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini adalah ulasan mengenai artikel kedokteran : penyebab terjadinya gagal ginjal akut (GGA) renal. Sebuah penyakit seperti gagal ginjal akut atau GGA yang jika di dalam istilah kedokteran disebut dengan kondisi Acute Renal Failure, merupakan sebuah penyakit yang menyerang ginjal berupa sindroma klinik yang di akibatkan teradpatnya gangguan fungsi ginjal dadakan yang menyebabkan retensi pada sisa metabolisme yaitu nitrogen dan juga non-nitrogen. Diagnosis penyakit ginjal tersebut dinyatakan benar stelah melalui uji tes laboratorium yang menunjukan terjadinya peningkatan mendadak pada kreatin serum hingga 0.5mg% dengan kadar kreatinin yang pada awalnya kurang dari 2.5mg%.

Artikel Kedokteran : Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal Akut (GGA) Renal

Artikel Kedokteran : Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal Akut (GGA) Renal


Atau dapat juga meningkat lebih besar dari 20% yang jika kadar kreatinin pada awalnya memang lebih besar dari 2.5mg%. Bagi anda yang sedang memperdalam dan melanjuttkan studi di bidang kedokteran terutama di bagin penyakit dalam, tentunya berbagai hal yang bersangkutan dengan ginjal seluruhnya harus dapat diketahui dengan pasti. Dan berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai artikel kedokteran : penyebab terjadinya gagal ginjal akut (GGA) renal yang dapat kita ketahui bersama. Penyebab dari terjadinya gagal ginjal akut atau GGA sendiri di dalam ilmu kedokteran di bagi menjadi tiga bagian, yaitu penyebab intra-renal, pre-renal, dan juga penyabab post-renal.

Kondisi pre-renal merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya permasalahan pada aliran darah yang di akibatkan oleh beberapa faktor seperti penurunan laju pada Filtrasi Glumerulus dan juga Hipoperfusi Ginjal. Dan kondisi tersebut juga di sebabkan oleh beberapa faktor seperti salah satunya adalah kehilangan cairan melalui ginjal seperti diuretik dan juga osmotik atau kehilangan cairan melalui saluran GI seperti muntah atau diare.

Kondisi intra-renal merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya kerusakan pada beberapa jaringan seperti tubulus ginjal atau juga glumerulus, yang tentunya disebabkan oleh beberapa faktor seperti saslah satunya adalah karena reaksi dari transfusi yang cukup parah, cedera akibat benturan yang kuat atau terbakar, hingga karena berbagai bahan pelarut dan juga bahan kimia.

Dan kondisi post-renal sendiri merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya obstruksi pada bagian distal ginjal, sehingga kondisi pasca-renal tersebut akan menyebabkan gagal ginjal akut atau GGA. Dan obstruksi tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor atau kondisi, seperti salah satu di antaranya adalah karena tumor atau juga terdapatnya bekuan darah.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai artikel kedokteran : penyebab terjadinya gagal ginjal akut (GGA) renal yang telah kita ketahui bersama, semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu dan menjadi sebuah informasi kesehatan yang bermanfaat untuk anda semuanya.