Tips Merawat Luka Jahitan Atau Operasi Agar Cepat Sembuh

Baca Juga

Tentunya terdapat berbagai cara serta tips merawat luka jahitan atau operasi agar cepat sembuh yang pada sata ini sudah akan dengan mudah anda temukan melalui berbagai media, seperti salah satunya adalah di berbagai situs ataupun website di internet. Merawat luka jahitan atau luka dari hasil operasi tentunya bukanlah merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, pasalnya kesalahan disaat merawat luka tersebut dapat menimbulkan beberapa resiko yang cukup fatal seperti infeksi yang dapat berdampak lain pada luka tersebut. Maka dari itulah berbagai tips dan juga cara dalam merawat luka jahitan atau luka hasil dari operasi akan cukup membantu sebagai salah satu sumber referensi yang baik.


Karena tentunya tidak semua orang akan mengetahui berbagai tips dan juga cara merawat luka jahitan tersebut, terlebih jika memang tidak mengenal sama sekali dunia medis ataupun dunia kedokteran.

Namun janganlah khawatir mengenai hal tersebut, karena di bawah ini terdapat beberapa cara beserta tips merawat luka jahitan atau operasi agar cepat sembuh


Tips dan cara yang pertama adalah dengan melindungi luka jahitan tersebut dengan baik, sangat disarankan bahwa luka jahitan atau operasi tersebut jangan sampai terkena air dalam waktu 24 jam setelah jahitan di proses. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menghindari berbagai bakteri dan juga kuman agar tidak menempel pada luka jahitan tersebut, dan untuk menutupnya, gunakanlah perban atau kain kasa yang steril yang kemudian diberikan anti-biotik atau obat untuk luka yang memang disarankan oleh dokter. Tempelkan perban atau kain kasa tersebut secara perlahan dan rekatkan dengan menggunakan plester khusus.

Tips dan cara selanjutnya yaitu dengan rutin membersihkan luka jahitan dan operasi tersebut hingga dua kali di dalam satu hari, dan waktu yang tepat untuk membersihkan luka jahitan tersebut adalah ketika setelah selesai mandi atau membersihkan tubuh dan juga ketika akan beranjak tidur. Lakukan cara pembersihan yang di anjurkan oleh ahli medis atau dokter yang biasanya akan menggunakan cairan antibiotik khusus, hal tersebut bertujuan agar luka jahitan tetap steril dan terbebas dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Dan beberapa tips merawat luka jahitan atau operasi agar cepat sembuh lainnya yaitu dengan menjaga pola makan dan juga mengkonsumsi makanan yang dapat mempercepat penyembuhan pada luka jahitan tersebut. Kenalilah berbagai faktor yang dapat menyebabkan infeksi agar luka jahitan anda dapat terlindungi dengan baik dan terhindar dari infeksi.