Fenomena Crop Circle dari Kisah The Mowing-Devil

Baca Juga



Kemunculan crop circle di Yogyakarta membuat heboh publik Tanah Air. Padahal sejatinya fenomena semacam itu telah ada sejak 1678 silam di wilayah Hartfordshire, negara bagian Inggris.

Tetapi, belum ada yang tahu kapan awal mula munculnya crop circle. Cerita kemunculan crop circle di Inggris pada 1678 hanya sebuah cerita berdasarkan pamflet yang beredar dengan judul The Mowing-Devil.

Dikutip dari laman Wikipedia, pamflet tersebut bercerita tentang seorang pemilik lahan yang menolak membayar ongkos yang ditawarkan para buruh tani untuk membajak tanahnya. Yang emmpunya lahan menilai upah yang diminta para buruh kelewat mahal. Dia kemudian melontarkan sindiran lebih baik membayar setan ketimbang menuruti permintaan para buruh tani.

Saat larut malam sesudah percakapan antara pemilik lahan dengan petani tersebut, sawah milik petani tersebut seolah-olah dibakar. Namun di pagi harinya ketika diperiksa, sawah tersebut malah terlihat sudah dibajak dengan baik.

Kendati tidak bisa diyakini kebenaran ceritanya, namun pamflet beserta gambar ilustrasi The Mowing-Devil kemudian ditahbiskan sebagai kasus crop circle pertama yang tercatat dalam sejarah. Crop circle sendiri didefinisikan sebagai pola terukur dalam berbagai bentuk dengan cara meratakan tanaman.