Cara mengusir dan menghilangkan kutu beras dengan teknik paling mudah

Baca Juga

PJ Blog | Hewan atau binatang kutu beras adalah salah satu hewan yang biasanya berwarna hitam dan berukuran kecil sekitar 1/16 sampai 1/8 inchi. Binatang kutu beras ini sering sekali mungkin kita jumpai atau kita temui pada biji – bijian seperti padi beras, kacang kering, sereal, produk gandum, jagung, tepung, pasta, roti dan lainnya. 

Binatang ini tidak hanya hanya tidak enak dipandang saja, melainkan hewan ini akan memakan biji-bijian diantaranya isi beras sehingga ketika mencuci beras hewan ini akan mengapung layaknya barang kopong. Hewan ini bisa juga menjadi sebab biji-bijian atau beras kehilangan nutrisi penting hingga menyebabkan biji-bijian atau beras berasa lebih tawar, nah berikut ini admin akan berbagi tips atau cara untuk menghilangkan kutu yang admin rangkum dari berbagai sumber

Langkah menghilangkan atau mengusir dengan menjemur beras di bawah sinar matahari. Langkah ini merupakan cara yang tentunya sangat mudah, yaitu dengan cara meletakkan beras di wadah yang dapat menghatarkan panas misalkan saja nampan atau lengser yang terbuat dari seng atau plastik, kemudian jemur beras tersebut di bawah sinar matahari. Hal tersebut akan membuat kutu – kutu beras kepanasan dan meninggalkan beras, agar hasilnya lebih maksimal lakukan hal tersebut dengan meletakkan beras sedikit demi sedikit agar semua kutu lari terbirit-birit meninggalkan beras.

Cara atau langkah lain adalah dengan menutup beras dengan menggunakan kain basah. Langkah ini dinilai juga sangat mudah, mengingat kutu beras tidak menyukai suhu udara yang hangat, tetapi kutu juga tidak menyukai ruangan yang basah atau terlampau lembab. adapun langkah ini adalah dengan letakkan beras yang telah berkutu ke wadah yang lebih rendah. Kemudian tutup menggunakan kain basah selama kurang lebih 15 – 30 menit diamkan hingga kutu – kutu menempel pada kain, selanjutnya kain kita angkat kemudian kutu kita bersihkan.

Langkah atau cara lain adalah dengan membekukan beras yang berkutu pada llemari es atau kulkas, teknik ini akan menghasilkan efek yang hampir serupa dengan menjemur beras pada terik matahari, karena serangga pun tidak akan tahan dengan suhu dingin. Caranya cukup mudah, wadahkan beras ke dalam kotak penyimpanan lalu masukkan ke dalam freezer selama beberapa hari sampai kutu beras lari terbirit-birit hehehe...