Present Future Perfect Tense

Baca Juga

Pengertian & Kegunaan Present Future Perfect Tense

Present Future Perfect Tense digunakan pada saat kita hendak menyatakan suatu tindakan, perbuatan atau rencana yang hampir selesai (completed atau perfected) dimasa yang akan datang dengan menyebutkan waktunya (at some point in the future).
Berdasarkan pengertian present future perfect tense tersebut, ada beberapa pokok penting yang harus diperhatikan, yakni:

  • Waktu dimana kejadian itu terjadi (Time --> Tenses)
  • Waktu Inti kejadian (Apa kejadiannya?)
  • Keterangan waktu yang berkaitan dengan kejadian tersebut (menyebutkan waktunya dengan jelas)


Misalnya:
Saya akan tiba di rumahmu sekitar 10 menit lagi.

Kalimat diatas mengandung pengertian bahwa 'waktu tiba-nya saya kerumah itu' kurang lebih 10 menit lagi. Itu artinya, "hampir" tiba/sampai ditempat tujuan. Dan, kemungkinan besar akan tiba tepat waktu - dan, misalnya, sekarang saya dalam perjalanan menuju kerumahmu. Berarti, kejadian "tiba" itu kemungkinan besar akan terjadi tepat waktu dari 10 menit tersebut dan INILAH yang dimaksud dengan "hampir terselesaikan atau hampir sempurna (completed or perfected) ".

Mari kita lihat rangkaian kejadian (dalam bentuk kronologi) sebagai berikut, untuk memantabkan pemahaman kita mengenai kapan future perfect tense digunakan:-

  • Event 1: Hari ini hari sabtu pagi. Lalu saya berencana untuk mengunjungi teman saya miss. Faradillah N.H pada hari minggu. Saya katakan padanya bahwa - insya allah - saya tiba tepat waktu kerumahnya besok pagi sekitar jam 10 pagi.

    Dan, saya mengatakan seperti ini:

    Miss Fara, I will visit you tomorrow at 10.00 a.m.
    (Nona Fara, saya (berencana) akan mengunjungimu besok (minggu) jam 10 pagi.)

    Dalam hal ini, pada hari sabtu - tepat saat saya bertemu nona Faradillah dan menyatakan maksud saya untuk mengunjunginya pada keesokan harinya itulah kapan Simple Future Tense digunakan.
  • Event 2: Keesokan harinya, yaitu tepat hari Minggu pada jam 9.00 pagi, saya sudah naik bus dan bus itu mulai berjalan membawa saya kearah rumah teman saya nona Faradillah. Perjalanan bus ditempuh paling lambat 1 Jam.
    Setelah 45 menit dalam perjalanan (saya masih didalam bus), saya mengirimkan SMS kepada nona Faradillah dan saya bilang bahwa: saya akan tiba 15 menit lagi atau paling cepat 10 menit lagi.
    Nah, disaat inilah Future Perfect Tense dapat kita gunakan, misalnya dengan kalimat sbb:

    I will have arrived by 10.00 a.m.
    (saya akan tiba di rumahmu pukul 10.00)

    Saya mengatakan dengan kalimat seperti itu karena "tiba-nya saya" sekitar 10 hingga 15 menit lagi. Artinya, saya sudah hampir tiba dan sebentar lagi akan tepat jam 10.00 berada dirumahnya dan mengetuk pintu rumahnya ( atau, si nona Faradillah sudah menunggu saya didepan rumah :p ).
 


Pola Kalimat (Rumus) Future Perfect Tense

Berikut ini adalah pola kalimat (atau, rumus) Future Perfect Tense - baik dalam bentuk positive, negative maupun interrogative.
Penting untuk diingat bahwa: Future Perfect Tense menggunakan Kata bantu (auxiliary) "WILL + HAVE" saja untuk seluruh jenis subject apapun yang digunakan!

A. Future Perfect Tense dalam Pola Kalimat Verbal

(+) Subject + Will Have + Past Participle + Object/Complement/Adverb
(-) Subject + Will Not Have + Past Participle + Object/Complement/Adverb
(?) Will + Subject + Have + Past Participle + Object/Complement/Adverb ?

Contoh:
(+) I will have finished the duty by the time you reach the front gate.

Terjemahannya:
--> Saya akan menyelesaikan tugas itu tepat pada waktu kamu sampai di gerbang depan.

(-) I won't (will not) have finished the duty by the time you reach the front gate.
(?) Will you have finished the duty by the time I reach the front gate ?

B. Future Perfect Tense dalam Pola Kalimat Nominal

(+) Subject + Will Have + Been + Complement.
(-) Subject + Will Not Have + Been + Complement.
(?) Will + Subject + Have + Been + Complement ?

Contoh:
(+) I will have been here for a week on Friday.

Terjemahannya:
--> Saya disini akan pas 1 minggu tepat pada hari Jum'at nanti.


(-) I will not have been here for a week on Friday.
(?) Will you have been here for a week on Friday ?


Catatan:
Baca kembali bahasan terkait mengenai:

Apa itu Kalimat Verbal dan Nominal dan mengapa harus ada dalam tenses?



Adverb of Time - Future Perfect Tense

Adapun bentuk keterangan waktu yang dapat digunakan didalam menyatakan waktu yang berkenaan dengan Future Perfect Tense ini adalah sbb:

By + nama waktu
By the time .....
For .....
By this time + waktu

Contoh:
By 7.30 p.m.
(Pada/menjelang jam 7.30 pagi)

By the time you close your eyes.
(Pada saat/menjelang kau menutup matamu)

For a year on March 3rd
(Selama setahun pada tanggal 3 maret).

By this time next week
(Pada saat seperti ini/sekarang ini, tapi minggu depan).