Daun Kemuning Obat Herbal Yang Kaya Akan Khasiat dan Manfaat

Baca Juga

Aneka Obat HerbalKemuning, herbal lovers jika saat anda melewati semak-semak lalu tercium aroma wangi yang menyengat mungkin saja ada tanaman kemuning diantara semak yang sedang anda lewati. Jika benar, mungkin anda bisa petik daunnya dan dibawa kerumah untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal alami. Jangan mengira kalo tanaman semak itu hanya tumbuh begitu saja, karena ternyata kalo kita lebih teliti sesuai dengan kandungan yang terdapat pada daunnya, tanaman kemuning ini bisa diolah menjadi obat yang bisa dipakai untuk mengobati beberapa jenis penyakit.  

Agar tidak terlewat begitu saja saat melewati tanaman kemuning mungkin bisa saya jelaskan sedikit. Tanaman semak ini berciri berbau wangi yang menyengat, bau ini bersumber dari bunga putihnya yang terletak pada ujung ranting atau di ketiak daunnya.  Bunganya majemuk berwarna putih yang berbentuk tandan. Sedangkan pada bagian daunnya hijau berbentuk bulat telur sungsang atau jorong tapi pada bagian ujung dan pangkalnya meruncing dengan permukaan tepi yang rata serta bertangkai. Kemuning juga memilki buah akan tetapi yang sering dipakai untuk ramuan obat biasanya adalah bagian daunnya. Hal yang menyebabkan daun kemuning bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan, ini dikarenakan adanya beberapa kandungan senyawa yang ada didalamnya seperti adanya methyl-anthranilate,  bisabolene, cadine,  B-caryophyllene, geraniol, eugenol, carene-3, citronellol, methyl-salicylate, paniculatin, coumurrayin dan tanin.

Daun Kemuning, manfaat, khasiat, obat herbal, melangsingkan badan, infeksi saluran kencing

Manfaat Kesehatan yang bisa diperoleh dari Daun Kemuning

-          Bisa Untuk Melangsingkan Badan
-          Mengatasi Radang Pada Buah Zakar
-          Mengobati Infeksi Saluran Kencing
-          Mengatasi Haid Yang Tidak teratur
-          Mengatasi Kulit Kasar
-          Mencegah Kolesterol Tinggi
-          Obat Untuk Penyakit Batu Ginjal Juga Batu Kandung Kemih
-          Mengatasi Eksim
-          Memperlambat Proses Penuaan
-          Mengatasi Keputihan
-          Pengobatan Radang Otak (ensefalitis)
-          Mengobati Tukak Lambung
-          Pengobatan Hepatitis B
-          Meredakan Saat Keseleo atau Memar Karena Terpukul

Berikut beberapa tips resep obat dari Daun Kemuning :

Cara Melangsingkan Badan
Siapkan bahan segenggam penuh daun kemuning, segenggam penuh daun mengkudu segar dan ½ jari kelingking temugiring. Setelah semua bahan terkumpul lanjutkan dengan menumbuk semua bahan sampai halus. Lalu tambahkan dengan secangkir air masak sembari diaduk-aduk. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan memerasnya menggunakan kain. Minumlah air hasil perasan tersebut sekaligus habis tiap pagi sebelum sarapan.

Mengobati Infeksi Pada Saluran Kencing
Rebus 35 gram daun kemuning segar dengan 3 gelas air bersih hingga matang dan air tersisa tinggal separonya. Lalu Dinginkan kemudian saring, minum untuk 3 kali dalam sehari dengan takaran ½ gelas sekali minum.

Mengatasi Haid Yang Tidak Teratur
Daun kemuning dan daun pacar kuku yang masih segar sebanyak ½ genggam ditambahkan 1 jari rimpang temulawak dicuci dan dipotong seperlunya. Dengan ditambahkan 3 gelas air bersih semua bahan direbus sampai air menyusut sampai tinggal 1 gelas. Dinginkan lalu saring baru boleh diminum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Mencegah Kolesterol Tinggi
20 gr daun kemuning direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa hingga 1 gelas. Dengan ditambahkan 1 sendok makan madu lalu minum. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari.

Obat Batu Ginjal
30 gr daun kemuning segar diblender dengan ditambahkan 150 ml air matang. Saring dan minum airnya sekaligus dalam sehari.

Mengobati Radang Pada Buah Zakar
Rebus 60 gram daun kemuning segar dan 35 gram sambiloto dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Dinginkan ramuan tersebut lalu saring. Minumlah 2 kali sehari dengan takaran ½ gelas sekali minum. Lakukan cara ini sampai radang sembuh.

Nah, herbal lovers jadi makin tau kan bahwa banyak sekali jenis tanaman herbal yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kita. Ya, salah satunya Tanaman kemuning ini. Dengan baunya yang semriwing daunnya bisa dimaksimalkan untuk alternatif pengobatan tradisional obat herbal alami. Memang benar istilah alam tercipta untuk memenuhi apa yang dibutuhkan Manusia, atas kehendak dan seijin Allah dan Kemulian Allah SWT semua itu bisa terjadi.  Maka dari itu jangan sia-siakan langsung manfaatkan lah sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya dan jangan lupa berbagi dengan yang lain.