Manfaat dan Khasiat Dari Daun Kembang Sepatu Untuk Obat Herbal

Baca Juga

Aneka Obat HerbalKembang Sepatu, kembang yang cantik ini sudah tidak asing lagi pastinya. Tumbuhan yang mudah kita jumpai di desa-desa ini memanglah enak dipandang, dengan warna bunga yang warna warni memanglah cukup memikat mata kita untuk sejenak melihat dan memetiknya. Mungkin anda sekalian ada yang bertanya-tanya mengapa disebut sebagai kembang sepatu padahal dari segi bentuk sedikitpun tidak ada mirip-miripnya dengan bentuk sepatu, tapi siapa sangka ternyata nama sepatu yang disematkan pada tanaman ini dikarenakan dahulu kala bunganya sering dipakai oleh orang-orang untuk menyemir sepatu mereka agar sepatu lebih tampak bersih dan gilap. Jadi sekarang kita tahu nih bahwa salah satu manfaat dari tanaman ini adalah untuk menyemir sepatu, josss info yang bagus!!! Hehehe ... , tapi yang pasti untuk di blog ini diutamakan adalah manfaat dari segi kesehatan dan pengobatannya.

Daun Kembang Sepatu, Manfaat, Khasiat, Obat herbal, gondongan, menghitamkan rambut,

Sebelum kita tau manfaat herbal dari tanaman kembang sepatu mungkin kita perlu tahu sedikit tentang tumbuhan ini. Kembang sepatu adalah merupakan tumbuhan berupa perdu. Pertumbuhan tanaman ini berdiri tegak dengan tinggi kisaran 1 sampai dengan 4 meter dengan mempunyai banyak cabang. Untuk daunnya, kembang sepatu berdaun tunggal dengan bentuk bulat telur dan memiliki ujung yang meruncing serta tepinya bergerigi kasar. Nah daunnya ini lah yang merupakan bahan dasar yang dapat diolah ataupun diracik agar menjadi obat herbal untuk beberapa jenis penyakit, ini dikarenakan sifat antiseptik serta kandungan-kandungan zat yang ada didalamnya. Beberapa contoh zat yang terkandung dalam daun kembang sepatu adalah Flavonoid, Tanin, Saponin, Kalsium oksalat, Peroksidase, Lemak, Protein, Taraxeryl acetat, Skopoletin, Cleomiscosin A dan Cleomiscosin C. 

Manfaat Daun Kembang Sepatu diantaranya ialah :
- Untuk obat saat terkena demam malaria ataupun demam pada anak-anak
- Untuk obat sariawan
- Mengatasi susah buang air besar
- Meredakan sakit kepala
- Membuat rambut jadi hitam berkilau
- Mengobati luka
- Mengatasi flu
- Untuk mencegah kerontokan rambut
- Menghilangkan jerawat
- Mengobati batuk
- Mencegah uban
- Obat conjungtivitis
- Obat bisul
- Obat saat gondongan

Berikut ini adalah Beberapa Tips Cara Meracik Obat Herbal Dari Daun Kembang Sepatu

Obat Saat Demam Malaria
50 gram daun kembang sepatu direbus dengan ½ liter air bersama dengan ½ lembar daun pepaya dengan ditambahkan 10 gram garam inggris. Tunggu sampai mendidih lalu saring dan minum lah airnya selagi masih hangat.

Mengatasi Susah Buang Air Besar
Ambil daun kembang sepatu seperlunya dicampur dengan air yang sudah matang lalu diperas untuk diambil airnya. Minum air hasil perasan tersebut sampai abis.

Mengobati Gondongan
Caranya cukup hanya dengan daun  kembang sepatu dan tumbuhan waru landak secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sedang gondongan. 

Membuat Rambut Hitam Berkilau
Sebelumnya siapkan botol yang telah terisi air kemudian ambil daun kembang sepatu secukupnya ditumbuk sampai halus. Masukan hasil tumbukan tersebut kedalam botol yang telah disiapkan sebelumnya. Kocok sampai tercampur, lalu pisahkan airnya dengan ampasnya untuk ditambahkan perasan jeruk nipis. Pakailah ramuan tersebut secara rutin 2 kali dalam seminggu dengan cara mengoleskannya ke rambut secara merata.

Gimana ?? sudah jelaskan manfaat dari tanaman kembang sepatu? Mudah juga kan cara meraciknya??, nah jadi saat ada tanaman ini disekitar pekarangan rumah, kita tidak lagi hanya mengambil bunganya untuk menyemir sepatu tapi memanfaatkan daunnya juga untuk alternatif pengobatan herbal beberapa jenis penyakit seperti yang telah dibahas diatas. Oke mungkin cukup segitu dulu ya info yang bisa saya bagi di artikel ini, semoga saja walau singkat dan tidak banyak tapi dapat berguna secara maksimal untuk kesehatan anda sekalian.