Manfaat Dan Khasiat Dari Daun Kembang Merak Untuk Obat Herbal

Baca Juga

Aneka Obat Herbal - Kembang Merak, Pecinta tanaman hias pasti sudah tau tentang tanaman ini, kenapa demikian ? karena memanglah tanaman ini dapat menghiasi halaman rumah menjadi tampak lebih cantik dan indah. Tapi tidak berhenti disitu saja, jika kita tau detail tanaman ini tidak hanya bisa dimanfaatkan hanya sekedar hiasan lo .. tapi bisa kita olah menjadi obat herbal untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Maka dari itu tidak lupa saya cantumkan di blog tercinta ini untuk mengulas sisi manfaat dan khasiat dari segi Obat Herbal. Tidak lain dan tidak bukan ini semua untuk para herbal lovers sekalian agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat membantu mengurangi masalah kesehatan anda sekalian.

Kembang Merak, Daun, Obat herbal, Masalah kesehatan, obat alami, radang hati,

Tanaman kembang merak termasuk dalam jenis tanaman hias yang berasal dari Negara Amerika Selatan, termasuk juga dalam kategori tumbuhan perdu. Sedangkan untuk ukuran tumbuhnya tegak setinggi antara 2 meter sampai 4 meter dengan banyak cabang, sedangkan ranting disetiap cabangnya terkadang memiliki duri yang menempel. Untuk pemanfaatan obat herbalnya pada bagian tanaman ini yang dipakai adalah daunnya. Ini dikarenakan pada daunnya tersebut mengandung zat sejenis alkaloid, tanin, saponin, kalsium oksalat, glukosida dan saponin. Sedangkan ciri daun pada kembang merak ialah termasuk dalam jenis daun yang majemuk dengan bentuk bulat telur sungsang yang mempunyai pangkal menyempit serta bertepi rata. Dari segi warna permukaan daun berwarna hijau tapi bagian bawahnya memiliki warna yang berbeda yaitu warna kebiruan. Yang menjadi ciri unik pada daun kembang merak adalah menguncupnya setiap malam dan mekar kembali di siang hari. Sebagai tambahan informasi tentang kembang merak selain berbatang dan berdaun pastinya tanaman ini juga mempunyai bunga serta buah. Bunganya merupakan majemuk yang tersusun dalam tandan dengan warna bunganya merah dan kuning sedangkan buahnya berbentuk polong yang memiliki jumlah biji 18  dengan ciri warna buah hitam saat buah tersebut sudah tua dan buahnya tersebut bisa kita konsumsi.

Berikut ini adalah Manfaat Obat Herbal dari Daun Kembang Merak dibarengi juga cara meraciknya

Mengobati Kejang Panas Pada Anak
Siapkan terlebih dahulu bahan 20 gr daun kembang merak beserta 3 jari akarnya, 5 kuntum bunganya, dan 3 jari kulit batangnya. Setelah semuanya sudah terkumpul, tumbuklah semua bahan sampai benar-benar halus. Dilanjutkan dengan ditambahkan air garam secukupnya. Jika sudah tercampur dengan rata baru pakailah ramuan tersebut untuk dibalurkan atau digosokkan pada bagian leher, punggung dan kaki pada anak.

Mengobati Sariawan    
Buatlah ramuan yang dipakai untuk berkumur, yaitu hanya dengan cara merebus sampai masak 15 gr daun kembang merak beserta air secukupnya saja, lalu saring dan gunakan airnya selagi masih hangat.

Mengatasi Perut Kembung
Daun kembang merak, alang-alang, dan bawang putih dengan takaran seperlunya saja ditumbuk sampai menjadi bubur. Pakailah bubur ramuan tersebut untuk dibalurkan pada bagian perut yang kembung.

Melancarkan Menstruasi
Cukup dengan melumatkan daun kembang merak  sampai menjadi seperti pasta , encerkan dengan ditambahkan sedikit air saja. Lalu minumlah ramuan tersebut.

Mengobati Radang Hati
Rebus air 400 cc dengan daun kembang merak secukupnya lalu masukan 30 gr daun serut/ mirten. Bila sudah mendidih biarkan sejenak sampai air surut kurang lebih separonya. Setelah itu baru bisa disaring dan minum airnya saat masih hangat. Atau bisa dengan cara merebus 1 genggam daun kembang merak yang masih segar dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Lalu bagi menjadi 3 untuk diminum 3 kali minum dengan takaran ½ gelas sekali minum.

PERINGATAN !!!
Khusus bagi wanita yang sedang hamil atau sedang mengandung, tidak diperbolehkan mengkonsumsi ramuan dari daun kembang merak.

Begitu lah sedikit ulasan tentang cara memanfaatkan Tanaman Daun kemabang merak. Biarpun terkenal sebagai tanaman hias, tidak tertutup kemungkinan untuk dimanfaatkan dari segi herbal pengobatannya. Hanya saja perlu pengetahuan yang cukup untuk mengolahnya agar menjadi tanaman obat herbal. Semoga saja apa yang saya telah bagi tentang manfaat dan khasiat daun kembang merak , ya walau hanya sebatas pengetahuan saya sih !! tapi siapa tau dapat berguna secara maksimal serta menambah wawasan untuk anda sekalian herbal lovers.