Nyeri Gusi saat si Kecil Mulai Tumbuh Gigi? Lakukan Hal berikut

Baca Juga

Banyak bayi ketika giginya mulai tumbuh, timbul rasa nyeri di gusinya ataupun gatal. Sebagai ibu tidak perlu panik,ada beberapa tindakan  ada yang bisa dilakukan orang tua untuk meredakan rasa sakit atau gatal pada gusi bayi ketika giginya sedang tumbuh, seperti dilansir Parenting:

1. Pijat Gusi
Cara lama yang dilakukan orang tua dulu yakni dengan memberi tekanan lembut atau memijitpelan-pelan pada gusi bayi untuk membantu meringankan rasa sakitnya akibat tumbuh gigi. Ingat pastikan jari anda bersih dan bebas kuman.

2. Menempelkan Sendok dingin ke gusi
Sendok terlebih dahulu didinginkan di kulkas (bukan di freezer) kemudian tempelkan bagian bulat sendok ke gusi bayi. Hal ini bisa memberi bantuan yang sangat dibutuhkan si bayi saat giginya sedang sakit.

3. Asupan makanan dingin
Jika si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat, tidak ada salahnya diberi makanan dingin padat berupa saus apel atau yogurt untuk membantu meringankan rasa sakit pada gusinya.

4. Mengalihkan perhatian si kecil
Mengalihkan perhatian bayi bisa mengurangi dari rasa nyeri yang dirasakan walaupun hanya untuk sementara. Anda bisa mandikan si kecil dengan air hangat agar ia bisa rileks sejenak.

5. Menyusui
Bayi yang merasa lebih nyaman saat ia menggunakan gusinya untuk memainkan puting sang bunda. Tapi, jika bayi tak hanya sekadar memainkan puting melainkan juga kerap menggigit puting susu dengan kencang, sebaiknya gosokan jari Anda di gusinya sebelum dan sesudah ia menyusu.

6. Mainan
Jika giginya gatal bayi punya kebiasaan suka menggigit-gigit sesuatu karena itu anda boleh memberi dia mainan bisa ia gigit seperti mainan berbahan plastik dengan isi gel atau air.



via:detik.com