Tips Mencegah Penyakit Serangan Jantung

Baca Juga

Tips Mencegah Penyakit Serangan Jantung - Penyakit jantung termasuk di antara jenis penyakit beresiko pendorong tingginya angka kematian di indonesia. Umumnya, penduduk kita belum memahami beragam penyebab penyakit jantung. Tidak hanya factor genetik juga pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dan kegemukan. Nyatanya ada terdapat faktor tersembunyi yang bisa menambah efek terkena penyakit jantung. Faktor penyebab penyakit jantung memanglah mesti kita kenali supaya mulai hari ini kita dapat melindungi dan mencintai jantung kita.

Penyakit jantung dapat menyerang siapapun, entah itu orang tua, anak-anak, pria maupun wanita dari seluruh golongan manusia  tanpa kecuali bisa mengalaminya. Biasanya penyakit jantung timbul karena gaya hidup yang kurang sehat sehingga memicu kemunculan penyakit ini di samping ada sebagian penyakit lain turut memberikan andil bagi peningkatan resiko gangguan kesehatan jantung.

Tips Mencegah Penyakit Serangan Jantung Penyakit jantung mengacu pada penyakit yang menyerang organ jantung dn sistem pembuluh darah. Jantung merupakan organ strategis di dalam tubuh manusia yang berperan sebagai pemompa darah. Telah sering dibahas sebab musabab penyakit jantung masa kini seperti gaya hidup, kelainan bawaan sejak lahir dan pola makan tidak sehat. Anda pasti tidak mau terkena penyakit Jantung, kan? Berikut tips menghilangkan penyakit jantung dengan mudah dan cepat :

1. Pergi berlibur
Tidak harus pergi ke luar negeri atau memakai banyak uang untuk liburan. Cukup berjalan-jalan ke pantai atau berkemah di gunung dapat menghindarkan penyakit jantung. Bepergian sekurang-kurangnya 2 kali setahun tidak cuma mengasyikkan, tetapi juga baik untuk jantung.

2. Berhenti merokok
Supaya kesehatan jantung tetap terjaga hindarilah merokok sebab rokok sangat tidak baik bagi kesehatan jantung dan untuk orang yang telah punya kebiasaan merokok ini, segeralah hentikan agar kesehatan jantung dan lain-lain terjamin.

3. Jauhi stres
Sukar memang menghindari stres di kota besar misalkan jakarta yang dikenal dengan kemacetan dan kesibukan. Hormon kortisol dikeluarkan oleh tubuh pada waktu seseorang mengalami stres yang bisa mengakibatkan pembuluh darah menjadi kaku. Oleh sebab naiknya tekanan darah juga bisa dipicu oleh stres sebagaimana hormon norepinephrine diproduksi tubuh sewaktu menderita stres. Hindarilah stres baik di kantor atau di rumah untuk menjaga kesehatan jantung.

4.Olah Raga
Ingin sehat namun tidak mau berolahraga sekalipun? Hasilnya 0 besar. justru orang dapat terjangkit banyak penyakit bila tidak pernah berolahraga. Kita tak mesti datang ke fitnes center untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Cukup jalan kaki selama 15 menit sembari menghirup hawa sejuk pagi hari tak hanya meyegarkan pikiran, kegiatan ini membuat jantung sehat !

5. Tidur cukup
Perlindungan kesehatan jantung sebenarnya cukup dilakukan dengan mencukupi kepentingan tidur. Dengan memenuhi kebutuhan tidur sedikitnya delapan jam setiap malam. Pasalnya penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam mempunyai risiko 2 kali lipat terkena penyakit jantung.

6. Vaksin flu
Orang dewasa yang divaksin juga memiliki risiko serangan jantung 20 persen lebih rendah. Apa hubungannya? Rupanya infeksi saluran pernapasan bisa menambah risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu jangan malas melakukan pemberian vaksin bagi perlindungan kesehatan pernapasan dan jantung.

7. Makan cokelat
Pengagum cokelat terbukti 37 persen lebih rendah resiko terkena penyakit jantung. Ihwal mengenai hal tersebut diperoleh dari suatu penelitian di inggris. tidak cuma penyakit jantung, diabetes juga bisa dicegah dengan makan cokelat. syaratnya cuma satu, cokelat itu harus yang mempunyai kandungan 70 persen cacao.

8. Menciptakan hidup sehat
Menciptakan hidup sehat alami adalah keharusan walaupun kita tidak sempurna. tapi tuhan memberikan petunjuk untuk memilih hidup sehat dan terhindar dari segala penyakit. Mau hidup sehat? baca juga artikel ini : "Cara Menciptakan Hidup Sehat Alami dan Bugar"

9. Berjemur saat pagi hari
matahari pagi ialah sumber vit. D yang murah dan mudah diperoleh. tidak hanya memenuhi kebutuhan vit. D, berjemur saat pagi hari juga menurunkan risiko penyakit jantung karena bermacam penelitian sudah menunjukkan apabila kekurangan vit. D dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung.

10. Tertawa
Hal paling akhir dari artikel Tips mencegah penyakit serangan jantung yaitu dengan tertawa. Contohnya melalui kebiasaan lihat film lucu atau terhibur oleh humor teman. Dengan tertawa, stres mengalami penurunan dan membuat aliran darah di dalam pembuluh lantas lebih lancar. risiko penyakit jantung akan berkurang apabila seseorang sering tertawa.