Sharing Pengalaman Hidup

Baca Juga

"Suatu hari...saya membeli Kacang rebus...yang berkeliling dengan gerobak.
Saya perhatikan,,,,
Penjualnya sudah sangat Tua.. gerobak kacangnya sudah agak rusak.
Roda gerobaknya sudah sangat tipis dan berjalan tidak seimbang..

Saya = Pak !! Tumbas Kacangipun.. ( Pak !! Beli Kacangnya )
Penjual = Iyaa mas...Pinten ? ( Iyaa mas...Berapa ? )
Saya = Setunggal Takeran niku Reginipun Pinten? ( Satu Takar Harganya berapa?)
Penjual = Ingkang Godhogan Wingi napa Ingkang enggal ??
( Yang Rebusan Kemarin atau Yang Baru ? )..
Saya = Kok dipun béntenaken Pak ?? ( Kok, dibedakan Pak ??
Penjual = Enggih mas, amergi sadéan kala wingi tasih kathah..niki kulo
sade malih.
( Iyaa mas, karena jualan kemarin masih banyak, ini saya jual lagi )
Kata Bapak itu sambil menggaruk-garuk kacang, merapikannya..dengan
tangannya yang terkadang bergetar buyuten karena usianya.

Sesaat dalam hati saya bergumam ," Gusti...,, bapak ini sungguh
MULIA hatinya, dia Jujur dan mengatakan apa adanya.
Hati saya menjadi TRENYUH, melihat yang demikian,,,
Bapak ini sudah Tua Renta, sudah Tidak semestinya lagi dia berjualan
seperti ini...
Di usianya yg sudah lanjut seperti itu, dia masih berjuang dengan
berjualan kacang, yang terkadang jarang orang membelinya.
"Yaa ALLAAH... hari ini Engkau beri pelajaran berharga pada hamba.."
Tidak terasa air mata ini menetes ..

Saya = " Kulo tumbas ingkang Godhokan wingi 10 taker, ingkang enggal
10 taker nggih Pak...?
Penjual = Nggih Mas, Kok kathah sanget mas?? (Kok banyak banget mas ?
Sambil ada sedikit Keceriaan di wajahnya..
Saya = Nggih Pak, kulo remen sanget Kacang Godhok, Bojo kulo Nggih Remen...
( Iya Pak, saya sangat suka kacang rebus, isteri saya juga ).

Sambil menakar kacang Rebus, bapak itu bertanya tetang keluarga saya
dengan sangat ramah, mencerminkan kebersihan hati , jiwa, raga dan Ruhaninya..
Puji Tuhan,,

Saya = " Sedoyo Pinten Pak ? ( semua harganya berapa Pak ?
Penjual = " Ingkang Godhokan wingi 10 taker Rp. 10.000,- Ingkang Godhokan enggal
10 taker Rp. 20.000,- dados Rp.30.000,-
Saya = Nggih Pak !! Niki kulo caosi Rp.40.000,- Nggih Pak... mugi-mugi daganganipun laris.. lan barokah.

Tiba-tiba bapak itu memeluk saya erat-erat sambil menangis tersedu-sedu...
"Matur nuwun Nggih mas..Matur Nuwun sangeet... !!! Kulo sadean kacang
pun seminggu niki boten naté telas...kamongko Bojo kula nembé Gerah mas !!
Kulo mboten gadah biaya kagem tumbas obat...
Mugi-mugi mangkih kulo saget numbasaken obat nggih mas...nggih...

" Puji Tuhan..!!! "
Semakin Berdegub Jantung saya mendengarnya...dan tidak terasa air mata
ini mengalir..
Yaaa ALLAH... Yaa Gusti...!!
Semoga hamba Kau mampukan untuk selalu Membantu Sesama...
Sesulit apapun itu..Yaa ALLAH..!!