21 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan dan Kecantikan

Baca Juga

21 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Jeruk nipis telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang mempunyai banyak manfaat. tanaman ini mempunyai nama latin citrus aurantifolia memiliki rasa yang sedikit pahit dan asam. Biasanya penduduk indonesia telah mengetahui buah jeruk nipis sebagai di antara bahan dapur yang berperan sebagai penyedap masakan, penyegar, minuman, bahan pembersih karat pada logam, bahan pembuat asam sitrat, dan sebagai bahan campuran jamu. Secara alami jeruk nipis berguna sebagai obat batuk, menghilangkan dahak ( mukolitik ), membuat lancar kencing ( diuretik ) dan keringat, dan sangat baik dalam membantu sistem pencernaan.

Kandungan pada jeruk nipis yaitu linalool, minyak terbang limonene dan flavonoid, poncirin, hesperidine, rhoifolin, dan naringin. Sementara buah jeruk nipis yang telah masak mengandung synephrine, n-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi,  vitiamin. A, B1, dan C. Asam sitrat dapat menghindarkan kambuhnya pasien sesudah operasi batu ginjal. Berikut manfaat jeruk nipis selengkapnya :

21 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat Jeruk NipisSebagaimana telah disebutkan di atas bahwa jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. vitamn C juga memberikan perlindungan dari penyakit oleh udara dingin dan penyakit umum yang lain. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh terlindungi dari infeksi serangan penyakit.

2. Melebatkan rambut
satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung hingga rata. gosokkan pada kulit kepala, pijat hingga merata, dan biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo  supaya rambut jadi mengkilap dan lebat. Sampo merang terbuat dari seikat merang, dibakar hingga jadi arang, bukan sekadar abu lalu rendam ke dalam air dan biarkan semalaman. Sesudah disaring, sampo merang siap untuk keramas.

3. Manfaat jeruk nipis untuk pasien tekanan darah tinggi
kandungan vitamin yang ada pada jeruk nipis dapat turunkan tekanan darah tinggi. maka dari itu, jeruk nipis kerap dipakai sebagai obat alami penyakit hipertensi.

4. Membantu pencernaan
Campuran air hangat dengan air jeruk nipis amat baik untuk pencernaan, merangsang dan mengaktifkan semua sistem hingga menolong anda supaya terus sehat dan aktif.

5. Radang tenggorokan
potong 3 buah jeruk nipis masak, lantas peras. seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, imbuhkan 1 sendok makan madu sembari diaduk rata. pada saat hangat, pakai ramun ini untuk berkumur sepanjang 2-3 menit. kerjakan 3 kali 1 hari.

6. Amandel
kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong- potong, lantas direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 3/4, saring. air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. kerjakan 3-4 kali 1 hari.

7.Ambeien
sejumlah 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lantas direbus dengan air 1 liter sepanjang 1/2 jam, lantas saring. diminum hangat- hangat 3 kali 1 hari.

8. Mengobati sembelit
jeruk nipis bisa singkirkan sembelit serta problem gastro yang lain. jeruk nipis hangat dapat merangsang dan mengatur gerakan usus anda sehingga mengobati dari seluruh rasa sakit dan trauma yang berhubungan
dengan sembelit.

9. Anyang-anyangan
dua jeruk nipis dicuci, diperas lantas diberi gula batu secukupnya serta 1 gelas air panas. aduk hangat- hangat, minum sekalian 1 hari sekali.

10. Demam
ambillah 2-4 genggam daun jeruk nipis serta rebus dengan 2-4 gelas air ( 1 genggam = 1 gelas ). pakai air rebusan untuk mengompres pasien yang demam. langkahnya, basahkan kain ( alat kompres ) pada air rebusan serta peras, lantas tempelkan pada dahi orang yang demam.

11. Agen pembersih alami
jeruk nipis hangat dapat menolong detoksifikasi serta bersihkan tubuh membuang seluruh racun beresiko yang terakumulasi di dalam tubuh anda, hingga bikin anda lebih sehat serta fresh.

12. Kurap atau panu
bersihkan 1 genggam akar landep ( barleria prionitis l. ) sampai bersih, lantas tumbuk halus. imbuhkan air perasan 1 buah jeruk nipis sembari diaduk rata. oleskan di bagian kulit yang terkena kurap atau panu, lantas balut dengan kain perban. ganti balutan 2 kali 1 hari hingga pulih.

13. Mempercantik kulit tubuh dan wajah
dampak dari menghilangkan racun didalam tubuh juga bisa bikin kulit jadi terlihat tampak cerah. vit. c dari jeruk nipis bikin anda tampak terlihat lebih muda dari umur sesungguhnya.

14. Sebagai obat sakit gigi
campur air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam serta gilingan legetan warak tiap-tiap 1 sendok makan. imbuhkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lantas aduk hingga rata. setelah itu peras ramuan tersebut serta saring. pakai air saringannya untuk berkumur sepanjang sebagian menit, lantas buang. kerjakan 4-6 kali 1 hari.

15. Melawan penuaan vit. c yang terdapat di dalam jeruk nipis melakukan tindakan sebagai antioksidan alami. serta menghilangkan radikal bebas yang beresiko untuk tubuh yang mengakibatkan banyak rusaknya pada kulit anda. dengan minum jeruk nipis hangat meyakinkan anda melawan kerutan dikulit muka disebabkan penuaan awal.

16. Melangsingkan badan
imbuhkan air perasan satu buah jeruk nipis ke didalam cangkir air teh hijau. minum ramuan ini tiap-tiap pagi serta sore hari. kerjakan tiap-tiap hari. ( em/sh )

17. Turunkan berat badan
tak hanya berikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga memiliki kandungan serat serta vit C yang bisa membantu turunkan berat badan dan menghilangkan bau badan
langkah 1 :
potong jeruk nipis yang cukup besar jadi 2 sisi, olesi sisi irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. berikan ke ketiak sesudah mandi. biarlah sepanjang 5 menit lantas dibilas, lalukan tiap
pagi serta sore.
langkah 2 :
sebagian helai ( 10 ) daun muda jeruk nipis ditumbuk sampai halus, dilumatkan, pulung kecil- kecil layaknya pil, makan 3 kali 1 hari.

18. Hidrat sistem anda
minum air hangat dengan jeruk nipis meyakinkan sistem anda terus terhidrasi.

19. Menambah daya tahan tubuh
kandungan vitamn c yang tedapat pada tanaman ini dapat berikan perlindungan pada penyakit disebabkan dingin serta bermacam penyakit yang lain. dengan kekebalan tubuh yang meningkat dapat melindungi serta membuat perlindungan tubuh dari infeksi serta penyakit.

20. Mengobati panas dalam dan sariawan
kandungan vit. c didalam jeruk nipis yang tinggi amat baik serta dapat kurangi tanda-tanda panasdalam serta sariawan

21. Batu ginjal
dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum sesudah makan malam. kerjakan setiap hari sepanjang 10 hari.

Itulah artikel tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Terima kasih atas kunjungannya :)

Baca Juga :