Beberapa Makanan Yang Sehat untuk Jantung

Baca Juga

Info kesehatan kali ini berkaitan dengan beberapa makanan yang berguna untuk kesehatan jantung kita. Apakah anda sudah tahu bahwa penyakit jantung yang berbahaya adalah penyakit jantung koroner? Kenapa penyakit jantung koroner bisa terjadi ? Penyakit jantung koroner terjadi sebab adanya penyumbatan sehingga membuat pembuluh darah yang memberi makanan dan mengaliri darah ke dinding jantung menjadi kecil. Hal ini berakibat jantung jadi kekurangan makan dan oksigen.

Saat ini di negara-negara industri penyakit jantung koroner menjadi sebab utama kematian seseorang. Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah tekanan darah, kadar kolesterol yang tinggi, tingkat stress dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Tidak hanya berolah raga saja untuk membuat jantung kita sehat. Tapi pola makan harus juga diperhatikan.

Jika anda ingin memiliki jantung yang sehat ada baiknya mengetahui beberapa makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Saya ingin berbagi dengan anda beberapa makanan yang baik untuk jantung, semoga manfaat untuk anda dan juga saya tentunya.

1. Gandum murni. Gandum di dalamnya terkandung zat besi, vitamin E, magnesium, antioksidan dan serat alami. Kandungan pada Gandum Murni adalah sangat bagi kesehatan jantung.

2. Sayuran berdaun. Seperti selada, pok, choy, Bayam, lobak, dan fenugreek. Beberapa sayuran tersebut adalah contoh jenis sayuran yang dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung dan kanker. Karena sayuran tersebut minim lemak, kalori dan memiliki serat yang tingggi. Di samping itu sayuran mengandung kalium, mineral, kalsium, magnesium dan asam folat untuk mengoptimalkan fungsi jantung. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi satu porsi sayuran bisa menurunkan hingga 11% resiko penyakit jantung.

3. Protein kedelai. Kedelai adalah merupakan makanan pengganti yang baik untuk daging merah yang tinggi lemak. Kedelai mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari kolesterol jahat dan lemak jenuh pada jantung.

4. Oat. Oat adalah bagian dari menu pilihan sehat yang baik pada waktu pagi hari. Fungsi Makanan ini tidak hanya menjadikan perut kenyang dan berenergi, akan tetapi juga menjadi makanan sehat untuk jantung. Oat mengandung beta glucan. Beta glucan adalah serat yang mudah larut dalam tubuh dan bisa membantu menurunkan kolesterol terutama LDL dalam tubuh.

5. Cokelat. Kreteria Cokelat yang baik adalah cokelat yang minim lemak dan tinggi cocoa. Cokelat hitam/dark chocolate adalah merupakan jenis cokelat yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Makan sekitar 150 kalori cokelat yang mengandung 60 persen kandungan cocoa bisa menjadi salah satu diet sehat untuk para penderita penyakit jantung.

6. Almond. Di dalam almond terkandung vitamin E, B17 dan mengandung mineral seperti zat besi dan  magnesium. Almond juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dalam tubuh.

7. Minyak zaitun. Jika secara rutin kita mengkonsumsi minyak zaitun maka ia dapat menurunkan ion LDL dalam tubuh. Minyak zaitun adalah merupakan salah satu minyak yang baik untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun jenis Extra Virgin lebih banyak mangandung polifenol bila dibandingkan jenis lainnya.

8. Anggur merah. Anggur merah mengandung antioksidan yang disebut dengan resvaratrol. Makan Anggur merah dalam jumlah yang wajar ( tidak berlebihan ) bisa berdampak baik untuk kesehatan jantung. Selain itu pada anggur merah juga terkandung flavonoid.


9. Apel. Hendaknya makan sebuah apel dalam setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

10. Tomat. Sumber vitamin pada tomat memiliki fungsi untuk membersihkan darah. Vitamin yang terkandung pada tomat adalah vitamin K. Vitamin dalam tomat bermanfaat untuk mencegah pendarahan. Tomat lebih baik dikonsumsi dalam keadaan masih segar.


Sekian saja artikel info sehat tentang Makanan Yang Sehat untuk Jantung kita. Jantung adalah bagian terpenting dari organ tubuh manusia. Maka kita harus merawat jantung dengan baik agar senantiasa sehat sehingga bisa melancarkan berbagai aktivitas yang kita lakukan.

Ide artikel didapatkan dari Blog ini