Inilah beberapa Makanan Sehat Untuk Ginjal

Baca Juga

Setelah sebelumnya saya berbagi tentang makanan sehat untuk jantung, kali ini saya ingin berbagi lagi dengan anda beberapa makanan sehat untuk ginjal. Seperti jantung ginjal juga merupakan organ tubuh yang sangat penting. Karena ginjal bertugas untuk membuang racun di dalam tubuh manusia. Melalui ginjal inilah kotoran dikeluarkan. Anda bisa juga membaca artikel sebelumnya tentang Cara Mencegah Penyakit Ginjal.

Nah, untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, tidak hanya dengan berolah raga. Tetapi faktor makanan juga bisa menjadikan sehat ginjal. Dalam kesempatan posting kali ini saya akan berbagi tentang beberapa makanan sehat yang baik untuk ginjal. Mudah-mudahan pengetahuan ini akan membantu anda mengetahui mana makanan yang sehat dan mana makanan yang tidak sehat. Inilah beberapa makanan yang sehat untuk ginjal sekalian dengan kandungan gizi dan fungsinya :

Apel
Jika anda makan sebuah apel sehari dapat membantu untuk menjaga kesehatan ginjal. Apel itu Tinggi serat dan anti-inflamasi. Juga apel membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung serta menurunkan resiko kanker. Cara mengkonsumsinya ? Apel dapat anda makan dalam keadaan dimasak atau bisa juga dimakan dalam keadaan mentah. Bisa juga anda memperoleh manfaat kesehatan dengan minum jus apel atau sari.

Kubis
Kubis ? Siapa yang tidak tahu sayuran yang bernama kubis ini ? Datanglah ke pasar sayur. Maka sayuran yang satu pasti tidak akan terlepas dari tumpukan sayuran yang lain. Kubis adalah sayruan tambahan yang bagus untuk anda jadikan menu makanan. Karena kubis mengandung serat yang tinggi, vitamin C dan K, merupakan sumber vitamin asam folat dan vitamin B6. Dan juga kubis rendah kalium. Kalau Anda ikut diet dialisis, maka tambahkan kubis dengan mengubahnya menjadi kubis atau gunakan sebagai topping untuk taco ikan.

Anda bisa mengkonsumsi kubis dengan berbagai cara. Misalnya dimasak, dapat direbus, atau dikukus dengan microwave. Kemudian dinikmati dengan memberinya mentega/krim keju dan taburan merica/biji jintan. Gulungan kubis dan kubis boneka termasuk pilihan makanan bergizi.

Blueberry 
Makanan sehat ginjal berikutnya adalah Blueberry. Blueberry bisa mendapatkan nilai tinggi untuk gizi karena berkat senyawa alami yang mengurangi peradangan dan banyak mengadund serat dan vitamin C. Di dalam Blueberry terkandung juga mangan yang bermanfaat untuk memberikan kontribusi kesehatan tulang.

Ikan
Ikan adalah salah satu sumber protein yang berkualitas tinggi. Makanya sangat baik untuk kesehatan ginjal. American Diabetes Association dan American Heart Association memberikan rekomendasi agar selau menyertakan ikan dalam rencana makan kita dua atau tiga kali dalam seminggu.

Di samping ikan sebagai sumber protein, ia juga  mengandung anti-inflamasi lemak yang disebut omega-3. Lemak sehat ini dapat membantu anda untuk mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan kanker. Kandungan protein pada ikan juga dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Beberapa Jenis ikan yang mempunyai kandungan omega-3 yaitu ikan Tuna, salmon, mackerel, ikan trout dan  pelangi herring.


Bawang

Ini lagi makanan sehat untuk ginjal. Bawang. Baik kita kenal sebagai bahan dari bumbu dapur. Walau hanya bagian dari bumbu ternyata baik untuk ginjal. kandungan bawang full dengan flavonoid terutama quercetin.

Kandungan Flavonoid adalah merupakan bahan kimia alami. Flavonoid dapat mencegah penyimpanan bahan lemak dalam pembuluh darah dan menambahkan pigmentasi (warna) bagi tanaman. Sedangkan Quercetin adalah merupakan antioksidan kuat yang diyakini dapat membantu meminimalisir penyakit jantung serta dapat melindungi tubuh dari berbagai bentuk penyakit kanker.

Bawang juga mempunyai sifat anti-inflamasi dan  Rendah kalium. Bawang tidak hanya  baik untuk ginjal, mereka juga mengandung kromium, mineral yang membantu tubuh Anda dengan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat. Cara mengkonsumsi Bawang adalah dengan cara dinikmati mentah atau dimasak di berbagai hidangan.

Mari kita jaga dan rawat kesehatan ginjal kita dengan mengkonumsi Makanan Sehat Untuk Ginjal seperti yang saya tulis di atas. Artikel ini tidak hanya untuk anda tapi juga untuk saya. Makanya saya tidak punya maksud sedikitpun untuk menggurui anda. Jadi mari kita sama-sama terapkan pengetahuan tentang Makanan Sehat Untuk Ginjal sehingga aktivitas kita sehari-hari tetap lancar. Tapi jangan lupa juga berdoa kepada Allah agar tetap diberi kesehatan lahir dan batin.