Past Continous Tense: Belajar Tense Bahasa Inggris (6)

Baca Juga

Past Continuous Tense adalah susunan kalimat yang mengungkapkan tindakan di masa lalu yang sedang berlangsung. Tindakan kadang dapat juga disela oleh sesuatu. Bentuk tenses bahasa inggris ini disebut juga Past Progressive Tense.

Penggunaannya pada :
1. Tindakan yang sedang berlangsung
2. Kegiatan sela yang sedang berlangsung
3. Kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu yang sama di masa lalu
4. Pertanyaan bersyarat / sopan


Contoh:
He was sleeping when I came (+)
- Dia sedang tidur ketika saya datang
He was not sleeping when I came (-)
- Dia tidak sedang tidur ketika saya datang
Was he sleeping when I came?
- Apakah dia sedang tidur ketika saya datang ?
I was working all night yesterday (+)
- Saya sedang bekerja sepanjang malam kemarin
I was not working all night yesterday (-)
- Saya tidak sedang bekerja sepanjang malam kemarin
Were you working all night yesterday?
- Apakah kamu sedang bekerja sepanjang malam kemarin ?

Rumus:
Positif (+)
Subject + to be (was/were) + verb-ing + object
Negatif (-)
Subject + was/were + not + verb-ing + object
Tanya (?)
- was/were + subject + verb-ing + object ?