Cara Mengatasi Mozilla Firefox yang Sering Keluar Sendiri atau disebut 'Crash'

Baca Juga

PJ Blog | Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser yang paling banyak dipakai didunia, yang mana perusahaan ini didirikan oleh Mozila Corporation dan para ratusan sukarelawannya. Browser yang bernama asli Phoenix ini dulu pernah memiliki nama Mozila Firebird sebelum akhirnya diubah menjadi Mozila Firefox. Pada umumnya penggunaan Mozilla FireFox dapat dijalankan dengan lancar pada laptop/PC, namun tak jarang mesin pencari ini mengalami gangguan yaitu sering keluar sendiri atau disebut crash.

Ternyata tidak sedikit juga yang menggunakan Mozilla FireFox di laptop/PC, mengeluh dikarenakan sering terjadinya crash atau keluar dengan sendirinya, seperti halnya yang admin pernah alami, ketika sedang asiknya beselancar di internet tiba-tiba keluar dan menutup dengan sendirinya.

Berikut beberapa cara perbaiki FireFox di laptop/PC, yang sering mengalami crash atau keluar sendiri. Pada dasarnya penyebab terjadinya crash ini sangat beragam, tentunya untuk setiap penyebab memiliki cara yang berbeda untuk didalam mengatasinya.

Diantara Penyebab Mozilla Firefox Crash adalah:
  • Mozilla terlalu banyak menyimpan Add-ons yang tidak berguna, lebih baik dihapus saja
  • RAM komputer ataublaptop yang kurang memadai
  • Ada file update yang membuat Mozilla kita crash dengannya
  • AntiVirus komputer anda, Contohnya AVG coba uninstall dulu untuk sementara

Sebenarnya ada cara ampuh guna mengatasi crash report yaitu dengan menginstall ulang mozilla firefox anda, tetapi jika kita tidak mau menginstall ulang, langkah yang bisa kita lakukan adalah menghapus add on yang tidak kita diinginkan tentunya.

Cara lain selain untuk mengatasi crash mozilla firefox ini, selain tidak instal ulang mozilla firefox adalah sebagai berikut :
Klik kanan pada shortcut Mozilla firefox kemudian kita pilih menu properties, selanjutnya kita klik tombol find target pada menu selanjutnya ya, kemudian cari file dengan nama :application.ini” dan klik 2 kali atau buka dengan program notepad, lalu Cari tulisan crash reporter. Nah jika sudah ketemu di sebelah tulisah crash reporter terdapat tulisan enabled=1, nah disini ganti saja angka 1 dengan angka 0, selanjutnya klik save dan tutup notepadnya