ILMU YANG BERKAITAN DENGAN TAFSIR

Baca Juga

ILMU YANG BERKAITAN DENGAN TAFSIR 

Salam, berikut adalah artikel singkat yang akan menjelaskan tentang Ilmu yang berkaitan tafsir dan dengan penjelasan tersebut diharapkan dapat menjadi ilmu yang bermafaat bagi anda, beriktu ulasannya :

Beberapa ilmu lain, sangat erat kaitannya dengan ilmu tafsir, di antaranya adalah: 

1. Ilmu Fitologi ( lughat ) 

Yaitu ilmu untuk mengetahui setiap arti kata Al-Qur’an. Mujahid rah’a berkata “ barang siapa beriman kepada Allah dan hari kiamat ia tidak layak berkomentar tentang ayat –ayat Al-quran tanpa mengetahui ilmu lughat “ sedikit pengetahuan tentang ilmu lughat tidaklah cukup dikarenakan ilmu tersebut kadang kala pada satu kata saja mengendung berbagai macam arti. Jadi yang mengetahui satu atau dua macam arti saja itu sama sekali tidak cukup, dapat terjadi bahwa yang dimaksud kata tersebut adalah arti yang berbeda.

2. Tata Bahasa ( nahwu ) 

Sangat penting mengetahui ilmu nahwu . karena sedikit saja I’rab ( bacaaan akhir kata ) berubah maka pasti akan mengubah pula seluruh arti bacaan tersebut. Sedangkan pengetahuan tentang I’rab hanya didapat dari ilmu nahwu

ILMU YANG BERKAITAN DENGAN TAFSIR
Ilmu Tafsir

3. Sharaf ( perubahan bentuk kata )

4. Isytiqaq ( akar kata  )

5. Ma’ani ( susunan kata )

6. Bayaan

7. Badi’

8. Qira’at

9. Aqa’it

10. Ushil fiqih

11. Dan asbabun nuzul. 

Asbabun nuzul adalah sebuah ilmu yang menerangkan tentang latar belakang turunnya suatu ayat. Atau bisa juga keterangan tentang suatu keadaan atau pula kejadian pada saat ayat tersebut di turunkan. Meski tidak memiliki kaitan langsung dengan turunnya ayat , namun ada konsideran dan benang merah antara keduanya. Seringkali peristiwa turunnya suatu ayat bukan hanya satu dan bisa jadi beberapa peristiwa sekaligus yang menyetai turunnya ayat tersebut atau pula bisa jadi ada ayat ayat tertentu yang turun hingga beberapa kali dengan motivasi kejadian yang berbeda. 

12. Nasikh mansukh

13. Fiqih

14. Hadist

15. Wahbi. 

Itulah sekilas penjelasan singkat artikel diatas dan semoga dapat manfaat dan dapat pula menjadi bagian dari ilmu-ilmu yang senantiasa menjadi jalan untuk kita menjadi orang-orang yang faham akan agama kita, cukup sekian dan terikasih.

“ Sekian semoga bermanfaat  “