Menulis Essay Bahasa Inggris

Baca Juga

Definisi Essay

Apa itu essay? Essay adalah salah satu bentuk karya tulis ilmiah ditulis secara singkat mengenai topik tertentu secara khusus. Jadi, semua bentuk karya tulis bisa disebut essay. Apakah thesis, skripsi dan paper akademik disebut juga essay? Secara tekhnis, essay ditulis secara singkat, misalnya terdiri atas 3 paragraph saja, bisa juga 5 paragraph yang ditulis dalam 3 lembar halaman. Intinya, essay itu harus singkat, jadi tidak seperti menulis skripsi, thesis atau disertasi yang membutuhkan puluhan bahkan ratusan halaman.
Untuk lebih memahaminya, mari kita simak uraian rinci selanjutnya.

Tujuan Penulisan Essay

Setiap menulis sesuatu mesti ada tujuan (purpose of writing an essay). Itu artinya ada sesuatu yang ingin dicapai setelah tulisan itu dibaca oleh orang lain (publik). Umumnya, penulisan essay memiliki tujuan yang sama dengan tipe atau bentuk-bentuk essay, yakni:

#Bentuk-bentuk Essay

  1. Menyampaikan informasi (To Inform)
  2. Mengajak, Menghimbau atau Membujuk (To Persuade)
  3. Menjelaskan suatu masalah secara spesifik/khusus (To Explain)
  4. Menghibur (To Entertain).

Keempat poin diatas juga menjadi tipe atau macam-macam bentuk essay yang baku sekaligus sebagai tujuan utama penulisan essay.

Tekhnik Menulis Essay

Ada beberapa bentuk penulisan essay secara tekhnis (baca: metode penulisan) yang berkaitan dengan bagaimana cara memberikan/menyampaikan informasi, mengajak, menjelaskan atau menghibur pembaca, yaitu:
  1. Essay ditulis secara Naratif (Narrative)

    Naratif artinya berurutan, misalnya dengan menggunakan ungkapan: "pertama-tama", "kedua", dst.
  2. Essay ditulis secara Deskriptif (Descriptive)

    Menulis secara deskriptif berarti menguraikan atau menggambarkan suatu pokok bahasan, misalnya; bagaimana cara merias wajah pengantin perempuan, dsb.
  3. Essay ditulis secara Eksposisi (Expository).

    Menulis secara eksposisi berarti menulis apa adanya berdasarkan fakta yang ditemukan atau berdasarkan teori dan anggapan para pakar tertentu mengenai sesuatu hal yang spesifik.
  4. Essay ditulis secara Persuasif (Persuasive).

    Menulis dengan cara persuasif berarti tulisan harus mengandung ajakan, himbauan atau bujukan tertentu agar pembaca tertarik, berminat atau pro atas ajakan tersebut.

Sistematika Penulisan Kerangka Essay

Agar lebih jelas lagi, disini, pelg-grammar uraikan mengenai bagaimana bentuk sistematika penulisan essay dalam bentuk kerangka essay;
  1. Memilik Topik Spesifik
    Memilih topik bahasan essay sudah seharusnya bersifat spesifik atau khusus.
  2. Menentukan Essay Goal (Target Penulisan Essay) atau apa yang ingin dicapai setelah pembaca membaca essay anda.
  3. Menulis Kata Pembuka/Pengantar (misalnya pada paragraph pertama).
  4. Menuliskan inti topik beserta uraian singkatnya.
  5. Kesimpulan
  6. Sentuhan Akhir.
    Sentuhan akhir ini dapat berupa motto, ungkapan tertentu yang bersifat meyakinkan apa yang ditulis agar pembaca tertarik untuk menindaklanjuti pesan yang disampaikan pada nomor 3 dan 4.

(Will be updated soon)...