Tips dan trik cara cepat haji tanpa harus ngantri

Baca Juga

Pj Blog | Untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima yakni menjalankan ibadah haji khusunya di Indonesia saat ini memang dibutuhkan kesabaran, karena harus menunggu bertahun-tahun. Tetapi banyak juga cara yang dilakukan oleh calon jamaah agar tidak mengantri terlalu lama. Ada cara yang legal ada juga yang ilegal. Cara ilegal sangat tidak dianjurkan karena beresiko besar (apabila tertangkap) utamanya bagi mereka yang sudah tua, anak-anak, wanita atau laki-laki yang sudah terganggu kesehatannya.

Pada artikel ini Admin akan berikan tips dan trik agar anda bisa cepat melaksanakan ibadah haji tanpa harus mengantri bertahun-tahun. Cara atau tipsnya antara lain sebagai berikut:


  1. Daftar Haji khusus atau Haji Plus. Ini cara bagi calon jamaah haji yang punya uang lebih. Walaupun pendaftar tahun 2016 harus menunggu sampai 4 (empat) tahun, tapi masa itu tidak begitu lama dibanding 10 atau 17 tahun.
  2. Mendaftar di provinsi lain. Setiap provinsi dan kabupaten dalam provinsi terkait memiliki quota dari pemerintah pusat berapa calon jamaah haji setiap tahunnya. Umumnya, provinsi yang umat Islamnya tidak banyak sehingga quotanya belum terpenuhi atau kalau ada daftar tunggu tidak begitu banyak seperti Provinsi Bali, provinsi NTT, Papua, Maluku. Maka, silahkan lakukan investigasi di provinsi/kabupaten/kota mana yang daftar tunggunya masih sedikit. Tentu saja, Anda harus punya koneksi dengan orang-orang di daerah tersebut untuk masalah administrasinya seperti KTP, dll.
  3. Jika profesi anda sebagai seorang dokter, perawat atau petugas kesehatan maka berbahagialah. Karena dengan profesi tersebut anda bisa berhaji gratis tanpa perlu antri melalui Program Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI), Kementerian Kesehatan. Anda cukup mendaftar secara online di website http://puskeshaji.depkes.go.id lalu ikuti prosedurnya. Catat, dari pendaftaran hingga tes seleksi semuanya gratis. Jika terpilih menjadi Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) maka anda bisa berhaji secara gratis tanpa perlu antri
  4. Daftar menjadi karyawan pada perusahaan penyedia Katering Jamaah Haji Indonesia, biasanya perusahaan penyedia katering juga dari negara yang bersangkutan
  5. Jika anda memiliki atau jadi pengurus KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) maka berbahagialah. Karena dengan profesi tersebut anda berpeluang menjadi pembimbing haji sehingga bisa menunaikan ibadah haji gratis tanpa perlu antri. Anda bisa mendaftarkan diri melalui Kemenag melalui Program Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).
Semoga lima cara atau trick ini dapat membantu anda
dan juga semoga artikel ini bermanfaat