Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung

Cara Push Up Yang Benar dan Manfaatnya

Baca Juga

Cara Push Up Yang Benar dan Manfaatnya
Cara Push Up Yang Benar dan Manfaatnya. Push Up adalah olahraga yang ringan dan tergolong olahraga yang tidak memerlukan biaya sama sekali, dan push up juga merupakan olahraga fisik yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Sedari kecil kita juga sudah di perkenalkan dengan jenis olahraga yang menggunakan tubuh sebagai bebannya. Push up memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Push up dilakukan dengan cara menumpukan seluruh tubuh pada kekuatan lengan sehingga efek pengencngan pada otot lengan anda akan telihat lebih signifikan jika anda rutin melakukannya dengan disiplin dan benar. Selain bias mengencangkan otot lengan olahraga push up juga dapat membantu mengecilkan otot pada bagian perut. Tapi kebanyakan orang belum tahu cara push up yang benar.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kita perlu mengetahui cara melakukan push up yang benar, karena kita tak akan mau melakukan hal yang sia-sia. Sudah melakukan push up secara rutin bukan mendapatkan tubuh yang ideal justru malah yang dirasakan hanya capek saja atau malah cedera.

Untuk menghindari kejadian itu terjadi, disini kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan push up yang benar.

Melakukan push up bukanlah hal yang sulit, tapi tetap saja kita harus memperhatikan keselamatan kita dalam melakukan olahraga ringan ini, berikut ini adalah cara melakukan push up yang benar:

Cara Melakukan Push Up yang Benar

Push up Sempurna
  1. Memang olahraga push up sangat mudah dan praktis. Banyak orang yang menganggap, gerakan push up harus dilakukan di atas alas atau matras. Hal ini tidak dibenarkan oleh beberapa para ahli, cara melakukan push up yang benar justru tanpa matras. Jadi lakukan saja di atas lantai atau permukaan lainnya, misalnya lapangan olahraga.
  2. Saat akan memulai push up, pastikan posisi tangan anda lebar di lantai. Jangan terlalu menyempit dan juga jangan terlalu melebar. Luruskan saja lengan anda kebawah. Sementara itu pada bagian kaki menumpu pada ujung jari kaki anda. Dengan demikian, tubuh bisa ditopang dengan sempurna dan juga lurus.
  3. Step selanjutnya, secara perlahan tekukan sikumu dan kemudian turunkan posisi bahu anda sampai pada sikut sehingga membentuk sudut 90 derajat. Gerakan ini dilakukan dengan di barengi kegiatan tarik melalui hidung dan membuang nafas melalui mulut secara teratur.
  4. Saat posisi anda kembali ke atas, saatnya anda menarik nafas yang panjang. Dan saat posisi anda turun kembali, buanglah nafas secara perlahan. Hal ini akan ikut melatih perut anda agar perut anda juga terlatih dan mengencangkan perut.
  5. Pada posisi ke atas, usahakan sampai lengan anda kembali lurus sempurna sebelum kembali pada posisi ke bawah.

Push up Dinding

Push up dengan cara ini biasanya dilakukan pada orang yang belum sanggup menopang berat bandannya dengan tangannya di lantai, dengan cara ini bisa dilakukan berdiri menghadap kearah dinding. Cara melakukannya adalah berdiri kurang lebih dua atau tiga langkah menghadap dinding. Letakan telapak tangan pada permukaan dinding kemudian dekatkan wajah ke dinding dengan cara menekuk lengan. Lakukan berulang-ulang. Bagi yang sudah terbiasa bisa melakukan gerakan push up dinding ini beberapa puluh kali setiap sesi. Saat memerlukan beban yang lebih berat, Push up berlutut bisa dicoba.

Push up Lutut

Push up menggunakan lutut sebagai tumpuannya memilki beban yang lebih berat dibandingkan dengan push up di dinding. Dan cara melakukan push up lutut dengan benar adalah Posisikan tubuh seperti push up sempurna tetapi menggunakan lutut sebagai tumpuan. Karena lutut kurang fleksibel push up ini mungkin menimbulkan rasa sakit di lutut. Jika perlu taruh bantalan empuk dibawah lutut untuk menghindari cedera. Setelah berada dalam posisi seperti gambar diatas, tekuk tangan sehingga tubuh mendekati lantai kemudian push tubuh ke atas. Jaga agar lutut, pinggang dan kepala selalu berada dalam garis lurus. Lakukan gerakan ini berulang ulang sebanyak 10 kali per sesi dengan beberapa sesi sekali latihan.

Manfaat Push Up bagi Kesehatan

    Push up memiliki banyak manfaat untuk tubuh, antara lain yaitu:
    • Menguatkan otot,
    • Rajin push up akan menguatkan otot khususnya otot bagian lengan.
    • Mencegah osteoporosis
    • Push up juga dapat memperkuat tulang sehingga mencegah dari tulang reput atau osteoporosis.

    Sebuah studi dari University of Greifswald yang dilakukan selama tujuh tahun, menunjukkan bahwa rajin melakukan push up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Testosteron ini berfungsi mencegah risiko diabetes, hipertensi, dan obesitas. Agar badan anda lebih sehat, sering mungkinlah untuk mengkosumsi tomat. Apa saja manfaat tomat? baca: manfaat dan khasiat tomat.