Surat Pernyataan :: Contoh Surat Pernyataan dan cara membuat surat Pernyataan

Baca Juga

Dalam suatu perjanjian, perlu adanya kesepakatan tertulis sebagai bukti otentik yang tidak bisa dibohongi. Surat pernyataan merupakan barang yang bisa dijadikan bukti otentik sebagai kekuatan dalam penyelesaian masalah di depan hukum apabila di kemudian hari ada pelanggaran dalam perjanjian yang telah disepakati.


Lalu apa sebenarnya definisi surat pernyataan? Surat pernyataan adalah surat yang berisi pernyataan yang mengungkapkan bahwa si pembuat surat bersedia atau mampu untuk mengerjakan sesuatu. Bisa juga didefinisikan lain seperti Surat pernyataan adalah surat yang berisi pernyataan si pembuat surat atau menerangkan orang lain bahwa orang tersebut pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu. 



Cara membuat surat pernyataan :

  1. Menggunakan bahasa baku
  2. Menggunakan kalimat yang tidak bertele-tele
  3. Mencantumkan  identitas diri pembuat pernyataan
  4. Adanya pernyataan menerangkan sesuatu atau kesanggupan untuk melakukan sesuatu
  5. Mencantumkan kesiapan menerima konsekuensi apabila melanggar isi surat pernyataan
  6. Sebaiknya menggunakan materai pada bagian tanda tangan si pembuat pernyataan agar unsur legalitas lebih terjaga

Contoh Surat Pernnyataan




1. CONTOH SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN KERJA
SURAT PERNYATAAN 


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                         : Aurelia Aurita
Tempat, Tanggal Lahir : Pare-Pare, 29 Februari 1996
Jenis Kelamin              : Wanita
Agama                        : Islam
Alamat Lengkap           : Jl. Rockstar No. 112 Sertikun Makassar

Dengan ini menyatakan bahwa:


  1. Saat ini diri saya tidak terikat kontrak dengan perusahaan/instansi manapun.
  2. Berstatus lajang
  3. Bersedia tidak menikah selama 2 tahun masa kontrak kerja.
  4. Bersedia ditempatkan di cabang perusahaan manapun di seluruh Indonesia.
  5. Tidak mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan sebelum masa kontrak  selama 2 tahun habis dengan alasan apapun
  6. Tidak pernah melakukan tindak pidana apapun.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Jika di kemudian hari saya melanggar atau terbukti bahwa surat pernyataan ini terbukti tidak benar, maka saya siap dikenakan hukuman sesuai dengan ketentuan  berlaku.


Pare-Pare, 10 Maret 2016
                                                                              Pembuat Pernyataan


(Materai 6000 dan tanda tangan) 


                                                                                     Aurelia Aurita




2. CONTOH SURAT PERNYATAAN HUTANG

SURAT PERNYATAAN 


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama     : Seritani Senarita
No. KTP  : 32547505001000
Alamat    : Jl. Anderstandung No.333 Amdas Sorong

Dengan ini saya menyatakan bahwa:
1. Pada Rabu, 9 Maret 2016 melakukan telah meminjam uang dari saudari Aurelia Aurita dengan jumlah Rp. 25.543.300 (dua puluh lima juta lima ratus empat puluh tiga ribu tiga ratus rupiah) 

2. Saya berjanji akan mengembalikan uang pinjaman dari saudari Aurelia Aurita dengan jumlah yang telah disebutkan dalam diatas dalam waktu maksimal 45 (empat puluh lima) hari setelah peminjaman.

3. Apabila saya tidak bisa melunasi pinjaman uang kepada saudari aurelia Aurita hingga waktu yang telah disepakati, maka saya siap mempertanggungjawabkannya di depan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sejujur-jujurnya tanpa adanya tekanan dan paksaan dari pihak manapun.



Sorong, 9 Maret 2016

materai

Seritani Senarita







 

3. Contoh surat pernyataan pengunduran diri Kerja (resign kerja)
Sabang, 29 Maret 2016


Kepada
Yth. Manager HRD
PT Indomaret Alfamart
Jl. Senopatiresa No. 222
Sabang


Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Luter Kandini, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Indomaret Alfamart sebagai karyawan terhitung mulai tanggal 29 Maret 2016 dikarenakan ingin melanjutkan pendidikan saya ke tingkat S2.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang pernah saya dapatkan selama bekerja di PT Indomaret Alfamart. Saya juga memohon maaf kepada semua karyawan dan pimpinan PT Indomaret Alfamaret apabila semasa bekerja saya banyak melakukan kesalahan.

Saya berharap selalu PT Indomaret Alfamaret dapat terus berkembang dan selalu menjadi yang terbaik.


Hormat saya,




(materai 6000)



Luter Kandini




4. CONTOH SURAT PERNYATAAN  ORANG TUA

SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                              : Sundara Artadena
Tempat dan Tanggal lahir : Manokwari, 28 Februari 1954
Agama                            : Islam
Alamat                            : Jl. Tenda Biru No. 334 Tenggang Manokwari

Orangtua dari anak :

Nama                               : Sunu Artadena
Jenis Kelamin                    : Laki-laki
Tempat dan Tanggal Lahir  : 31 Agustus 1993
Agama                              : Islam
Status Nikah                      :Lajang
Alamat                              : Jl. Tenda Biru No. 334 Tenggang Manokwari

Dengan ini memberi izin anak kami untuk mengikuti program Supercamp dan tidak keberatan apabila anak saya ditempatkan di camp cabang manapun manapun baik di Indonesia maupun luar negeri.

Demikian surat pernyataan ini kami untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.




     Manokwari, 29 Maret 2016
                                                                                    Hormat Saya                                                 

                             

                                                                                 Sundara Artadena



5. Contoh Surat Pernyataan Kerja (Contoh Surat Keterangan Kerja

PT. Astra Selfani
Jl. Indah No.654
Indramayu


SURAT KETERANGAN KERJA
No : 066/SK.PSS/III/2016


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : Andreani Margantara
Tempat, tanggal lahir : Indramayu, 28 Februari 1970
Jabatan                     : Direktur
Alamat                      : Jl. Indah No.777 Indramayu
No. KTP                      : 320783671252189

Menerangkan Bahwa:

Nama: Candu Sentre
Tempat, Tanggal Lahir: Meulaboh, 23 Oktober 1990
Alamat: Jl. Arcadesa No.98 Cirebon

Adalah benar-benar karyawan perusahaan kami dengan jabatan sebagai Manajer keuangan, terhitung semenjak 11 Januari 2009 sampai dengan saat ini.

Demikian surat keterangan ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.




                                                                      Indramayu, 23 Maret 2016




                                                                          Andreani Margantara


6. Contoh Surat Pernyataan berbuat salah (Contoh Surat Pernyataan Kesalahan)


Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Joni Redsar
No. mahasiswa  : 11312379
Jurusan             : Teknik Informatika

Dengan ini saya menyatakan bahwa:
1. Saya mengaku telah berbuat  kesalahan yaitu melakukan tindakan tidak jujur berupa mencontek saat Ujian Akhir Semester Mata kuliah Kalkulus
2. Saya berjanji tidak akan mengulanginya di kemudian hari
3. Apabila saya terbukti mengulanginya di kemudian hari maka saya siap menerima konsekuensi apapun dari dosen pengampu mata kuliah kalkulus.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dan saya memohon maaf atas kesalahan yang telah saya buat. Terimakasih 



Sorong, 9 April 2016

materai

Joni Redsar


7. Contoh Surat Pernyataan Kehilangan   
SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                        :  Serse Andani
Jenis Kelamin             : Laki - laki
Tempat, tanggal lahir  : Ternate, 29 Februari 1992
Kebangsaan               : Indonesia
Agama                       : Islam
No.KTP                       :32098643834034
Alamat Asal                : Jl. Bahersa No.123 Ternate

Dengan ini saya menyatakan  bahwa pada hari Senin,23 Maret 2016 mengalami kehilangan sebuah Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( STNK ) dengan jenis motor Ducati R15 di sekitar Jalan Manurresa. Data-data STNK yang hilang tersebut adalah sebagai berikut :

Nomor Polisi       : DA 5432 SE
Nama Pemilik     : Serse Andani
Jenis Kendaraan : Motor Ducati R25 warna merah
Nomor Mesin      : 3247850390525-1

Demikianlah surat pernyataan kehilangan ini saya buat, apabila terjadi tindakan kriminal dengan menggunakan STNK tersebut maka itu di luar tanggung jawab saya dan jika di kemudian hari ternyata terbukti terjadi kebohongan (laporan ini tidak benar atau palsu) maka saya bersedia bertanggung jawab di depan hukum sesuai peraturan yang berlaku.



Ternate, 23 Maret 2016




Serse Andini  



Kumpulan contoh surat pernyataan diatas bisa anda gunakan. Tinggal anda edit format surat pernyataan di atas dan tentunya sesuaikan dengan kebutuhan anda. Pastikan anda membuat surat pernyataan dengan baik dan benar. Sekian artikel tentang surat pernyataan dan cara membuat surat pernyataan ini. Semoga dapat menjadi referensi kita semua. Terimakasih