Recount text :: Kumpulan Contoh Recount Text, Generic Structure Recount Text, Tujuan Recount Text, Ciri Ciri Recount Text, dan Pengertian Recount text

Baca Juga

Recount text merupakan sebuah sub bab dalam pelajaran bahasa inggris yang biasa ditemui saat duduk di bangku sekolah menengah atas (senior high school) atau sekolah menengah pertama (junior high school). Biasanya guru akan menjelaskan apa itu recount text dan memberi tugas muridnya untuk membuat contoh recount text.

Bagi anda yang sudah memahami tentang recount text dari guru anda, tentunya akan sangat mudah apabila diberi tugas membuat contoh recount teks. Tetapi bagi yang belum memahami jangan khawatir karena artikel ini diharapkan dapat membantu anda dalam memahami bab mengenai recount text.



Pengertian Recount text
Kata “Recount” artinya menceritakan. Atau apabila dijabarkan “Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity.” 
Dari kalimat diatas adapat dipahami bahwa definisi recount text adalah sebuah teks yang didalamnya menceritakan kepada pembaca tentang kejadian, pengalaman ataupun aktifitas lainnya yang pernah dilakukan. Jadi tentu saja isi dari recount text merupakan sesuatu yang terjadi di masa lampau (sudah terjadi). Contohnya pengalaman ketika menjuarai sebuah kompetisi, pengalaman mengunjungi saudara di luar negeri, pengalaman memalukan, ataupun kejadian lainnya.

Tujuan Recount Text
“Its goal is to entertaining or informing the reader.” 
Dari kalimat tersebut dapat didefinisikan bahwa tujuan recount text adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.

Recount text berbeda dengan narrative text. Perbedaan Recount text dengan narrative text adalah pada narrative text terdapat complication atau conflict (masalah) sedangkan pada recount text tidak ada complication (masalah).

Generic structure Recount Text
Generic structure pada sebuah recount text yaitu :

Orientation 
“tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened”.
Orientation merupakan bagian pengenalan dalam sebuah recount text. Didalamnya biasanya berisi mengenai siapa tokoh yang ada dalam cerita, apa yang terjadi pada cerita tersebut, di mana peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.

Events 
“tell what happened and in what sequence.”
Pada bagian Events ini berisi mengenai kejadian-kejadian dalam cerita tersebut dan biasanya diceritakan pula urutan kejadianya. Misalnya "In the first day, I went Bandung zoo………………..….In the next day I visited Gedung sate ............ …….. And In the last day I swam in karang setra ............" . 

Reorientation 

“consists of optional-closure of events/ending.” 
Isi dari bagian Reorientation merupakan ending atau penutup dari sebuah cerita recount text. Bisa juga berisi rangkuman dari kejadian yang ada pada cerita tersebut.


Apabila anda ingin download seluruh isi artikel ini, link downloadnya tersedia di bawah ini :
Download Recount text .docx



Ciri Ciri Recount Text

Pada saat membaca Recount Text, akan ditemukan ciri-ciri kebahasaan Recount text sebagai berikut :

a. Menggunakan kalimat dalam bentuk Past Tense.
Contoh : We went to Raja Ampat, I visited my grandmother, I was very tired dan lainnya.

b. Menggunakan Action Verbs.(tentunya dalam bentuk past tense / menggunakan Verb 2)
Contoh : visited, swam, played, brought, went, bought dan lain sebagainya.

c. Menggunakan Adverbs and Adverbial Phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
Contoh : at my house, at school, yesterday, last year, last week, last month, quickly, slowly 

d. Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.
Contoh : but, and, after that, then dan lain sebagainya.


Recount Text



Kumpulan Contoh Recount Text Pendek
Berikut ini kami memiliki beberapa contoh recount text singkat (short recount text) yang dapat menjadi referensi anda.

1. Contoh Recount text tentang liburan (Recount text example about holiday)
Berikut ini adalah contoh recount text beserta penjabaran generic structurenya :


Contoh Recount text Holiday


My Holiday In Bandung
  • Orientation
Last year, I went to Bandung. I spent my holiday there. I went to bandung by train. The train schedule from Cirebon was at 08.00 AM and arrived in Bandung at 12.00 AM 


  • Events
In the first day, I went to Bandung zoo because I loved animals. The ticket price was only Rp 25.000. The animlas there was very complete. 

In the second day, I went to geological museum and talked with the guide about geology. It made me understood about geology. I saw rocks collection t there. After that, I went to Bandung train station because I had to go home to Cirebon. 


  • Reorientation
My holiday in Bandung was only two days but It was a very interesting holiday.




2. Contoh recount text terlambat ke sekolah

Came Late to The School

Last week, I was late to come in my school because I watched football match in the night. Because that I woke up late. 
When i wanted to take my motorcycle to go to school. unfortunately i forgot where did I put the key and I tried to remember where I put it. After 10 minutes, finally i found my key. I tried to ride my motorcycle fast but the street was too crowded. It made me had to ride my motorcycle slowly. 
After 30 minutes, I arrived in my senior high school. But unfortunately the class has been begun. After I arrived in my class, I saw my teacher has stood in front of the class to teach. I entered to my class and of course my teacher was angry to me because I came late.
It was my bad experience and I hoped I would not do that again.


3. contoh recount text liburan di rumah (recount text about holiday at home)
My Holiday At Home

Last holiday was my worst holiday because I did not go anywhere. I just stayed in my home.
In the morning, I woke up and had a breakfast. After that, I played playstation untill I felt boring In the afternnon, I took a lunch and after that I took a nap. In the evening I played with my cat.
my daily activities were like that during the holiday. So, I was sure last holiday was my worst holiday. 



4. contoh recount text liburan di Pantai Beserta Terjemah bahasa Indonesianya (artinya)
My Holiday In Parangtritis Beach

Last year, I and my family went to Parangtritis Beach. We went to Parangtritis Beach by my car. I was very excited to go there

Our trip to Parangtritis beach spent time for 2 hours on the way. I slept in the bus during the trip. We arrived at 3 pm at Pangandaran Beach.. After that I and my family went to replace our clothes to swim and we walked to the beach together.There were so many activities that we did in the beach, such as swimming, water playing, chasing each other on the seashore, and banana boat riding. We played on the beach about 1 hour. Right at 5 pm, we all had a rest and prepared to go home. We felt family and togetherness atmosphere at that time. That moment is so unforgettable.

That was my short holiday in Parangtritis beach. But, I was very happy because that was my first experience to go to the beach



Terjemahnya :

Tahun yang lalu, Saya dan keluarga saya pergi ke pantai Parangtritis. Kami pergi ke Pantai Parangtritis dengan memakai mobilku. Saya sangat tertarik untuk pergi ke sana.

Perjalanan ke Pantai Parangtritis menghabiskan waktu selama 2 jam. Saya tertidur di dalam bus selama perjalanan. Kami sampai di Pantai Parangtritis pukul 15.00. Setelah itu saya dan keluarga saya mengganti pakaian kami untuk berenang dan kami berjalan ke pantai bersama-sama. Banyak sekali kegiatan yang kami lakukan di pantai seperti berenang, main air, saling mengejar teman, menaiki banana boat. kami semua bermain di pantai selama sekitar 1 jam. tepat pada pukul 5 sore, kami semua berisitirahat dan bersiap – siap untuk pulang. suasana kekeluargaan dan kebersamaan sangat terasa sekali pada waktu itu. sungguh moment yang sangat tidak bisa dilupakan.

Itu adalah liburan singkatku di Pantai Parangtritis. Tetapi, saya merasa sangat senang karena itu adalah pengalaman pertama saya pergi ke pantai.




Sekian artikel tentang recount text yang meliputi pengertian recount text, generic structure recount text, tujuan recount text, contoh recount text (example of recount text). Semoga dapat membantu anda dalam memahami pelajaran bahasa inggris khususnya mengenai bab recount text. Terimakasih