Pangkal paruh sebagai patokan jantan betina KONIN ijo

Baca Juga

Meluruskan tentang pemahaman pangkal paruh sebagai patokan jantan betina konin ijo

Karena masih banyak yang beranggapan bahwa trotol jantan yg pangkal paruhnya orange dan yg betina adalah putih.. itu belum tentu benar 100%.. karena baik jantan betina pada awalnya juga berpangkal orange.. dan setelah itu keduanya memutih namun saat memutih yang jantan akan tumbuh bulu metalik sedang betina tidak tumbuh bulu metalik. saya kasih contoh perumpamaan dari usia:




1) Usia 1-3 bulan atau fase ke I dimana konin paruh berwarna orange baik jantan maupun betina dalam masa ini trotol jantan sudah muncul banyak atau sedikit bulu metaliknya kdg malah belum muncul.

2) Usia 4-6 bulan atau fase ke II dimana paruh akan memutih keduanya baik yg jantan maupun betina. yang jantan metalik akan semakin bertambah yang betina masih sama tidak ada metalik sedikitpun bahkan mulai berubah menjadi abu2..

3) Usia 7- seterusnya atau fase ke III dimana paruh akan menghitam. yg jantan full metalik yang betina abu2 tanpa ada metaliknya.



dalam sebuah contoh kasus

1 : semisal ada ombyokan 2 ekor belum ada tanda2 metalik yg 1 berpangkal orange yg 1 brpangkal putih, maka pilihlah yg orange karena masih 50:50 antara jantan betina. sedangkan yg pngkal putih prsentase kebenaran 80:20 antara betina dan jantan.. maka dari situlah dulu dikatakan bahwa saat memilih jantan pilihlah yg pangkal paruh orange karena itu merupakan usia masih sangat muda dimana kesempatan kita masih 50:50 mungkin bisa dipahami sendiri mksdnya sprti apa.

2 : saat ada anggota yg menanyakan jenkel konin yg masih ijo dengan pangkal paruh orange. jgn lgsg di katakan itu jantan jika tidak di dukung tanda2 yg lain. kalo paruh orange ada trotol sudah pasti jantan, kalo orange tp blum ada trotol kita harus ragu2 dulu.dan yang pangkal paruh putih jgn lgsg dikatakan betina karena siapa tau itu sudah masuk ke fase ke II. dimana paruh putih tp sudah ada trotol sedikit, tp pas saat di foto gak kelihatan, kecuali jika paruh putih belum muncul trotol itu sudah pasti 80% betina. catatan usia tersebut bukan rujukan pasti itu cuma untuk memudahkan pemahaman saja. utk masa mutasi warna umur berapa sya msh blm paham..



Cara Membedakan Jenis Kelamin KONIN Saat Masih IJO

1. Pilihlah yang ujung pangkal paruh berwarna orange solid.
 2. di leher bawah terdapat semburat garis berwarna orange.

3. warna putih pada lingkar mata lebih jelas tidak samar2 

4. bagian bulu dada ngeblok berwarna coklat kekuningan

5. semakin lama bulu ada yang berubah menjadi hitam/merah didada.

NB : pangkal paruh yang berwarna orange merupakan tanda bahwa usia konin masih muda sekali. bukan berarti yang pangkal orange positif jantan 100 %. karena lama kelamaan pangkal paruh akan berubah menjadi putih.
 

krna konin tdk pernah bawa akta lahir.. hehehehe