Doa Masa Advent

Baca Juga

PENDALAMAN IMAN

MASA ADVENT


AdvenT (salam pembuka)

P    Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus

U   Amin

P    Semoga Allah Bapa memberikan damai sejahtera bagi kita sekalian

      U   Sekarang dan selama-lamanya

      P    "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab Anak yang didalam kandungannya adalah dari Roh Kudus." Sabda Tuhan ini mengantar kita pada inti peristiwa Natal, yaitu Immanuel : Allah beserta kita. Kutipan itu memperlihatkan bahwa Yusuf dipanggil untuk mengambil Maria sebagai isteri. Yusuf menerima panggilan itu. Dengan demikian terbukalah bagi Yusuf suatu kehidupan dan misi yang baru. Dulu, Yesus beserta kita di dalam diri seorang bayi. Sekarang dalam tanda kehidupan kita sebagai Gereja. Kita semua dipanggil untuk diutus. Hal itu tidak mudah, sebab ada banyak tantangan. Di antara tantangan dan tawaran yang ada, mau tidak mau kita harus memilih.. Setelah memilih, kita harus berusaha untuk konsisten dalam memilih, dan memiliki komitmen terhadap pilihan itu.

Lagu Pembukaan

Seruan Tobat (bersama-sama)

            Saya mengaku, kepada Allah yang Maha Kuasa dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran & perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon, kepada Santa Perawan Maria, Kepada Para Malaikat dan Orang Kudus dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya kepada Allah Tuhan kita.

Doa Pambukaan

   Marilah berdoa (bersama-sama)

Ya Allah, betapa besar kasihMu kepada kami. Engkau adalah Immanuel, Aallah yang mau menyertai umatNya. Terangilah hati dan budi kami dengan cahaya Roh KudusMu sehingga kami mampu meneladani Yusuf menyambut kedatangan puteraMu Yesus Kristus dan setia melakukan kehendakMu dalam iman dan ketulusan yang sejati.Demi Kristus Tuhan & Penyelamat kami.Amin

Bacaan Injil

  L       Pembacaan dari Injil Matius (1 : 18-25)

Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum , ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: :Yusuf , anak Daud janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dana engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Hal itu terjadi supaya genaplah firman Tuhan oleh nabi: "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Immanuel" - yang berarti : Allah menyertai kita. Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya, Ia mengambil Maria sebagai isterinya tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus.

Demikianlah sabda Tuhan  

   U      Syukur kepada Allah

Renungan

(Pertanyaan Pendalaman Teks)

  1. Silahkan Anda uraikan tentang ketulusan hati Yusuf seperti dalam ayat 19.

  2. Dapatkah Anda Uraikan sikap Yusufsetelah mendengar firman Tuhan?

    Pengalaman Iman berupa cerita ilustrasi :

    Seorang Bapak yang telah beristeri dan dikaruniai dua orang anak, memegang jabatan yang sangat baik, yaitu pimpinan operasional dari sebuah hotel bertaraf internasional dengan membawahi lima cabang di kota-kota besar di indonesia. Pada suatu saat keponakan yang diasuhnya sejak kecil diketahui menjadi pecandu narkoba. Ketika Bapak ini akan menjemput, ternyata sang keponakan sudah meninggal dua hari sebelumnya. Ia menyesali keterlambatannya, dan pada saat itu juga ia memutuskan untuk meninggalkan semua jabatannya dan membuka rumah rehabilitasi pecandu narkoba. Kesulitan demi kesulitan diatasinya dengan berpegang teguh pada firman Tuhan. Sampai saat ini, sudah lebih dari empat ratus orang yang tertolong dan berani say no to drug. Rumah rehabilitasi tersebut dinamakan rumah damai.

    Pertanyaan Refleksi untuk sharing:

    Yusuf  menghadapi pilihan sulit: menolak ataukah menerima Maria. Dan ia telah menerimanya dengan tulus. Ia juga siap menanggung resikonya. Yusuf menerima Maria dengan jiwa besar dan tulus hati. Bagaimana dengan kita sendiri? Relakah kita meninggalkan jabatan, kesempatan-kesempatan masa depan atau hal-hal lain yang kita miliki saat ini demi melayani mereka yang memerlukan ?

    Doa Umat

    P       Marilah kita berdoa kepada Allah, Bapa yang  maha kuasa yang telah memberikan kekuatan & anugerah kehidupan ini

     

    (Doa spontan)

       L       Bagi saudara-saudara yang ingin menyampaikan doa spontan kami persilahkan

    L       Ya Tuhan Allah kami, demikianlah doa-doa permohonan kami, semoga  Engkau sudi mendengarkan serta mengabulkan doa kami ini, demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami

    (Marilah kita lanjutkan dengan Doa Rosario)

     L      Saudara-saudara terkasih marilah kita satukan doa kita dengan doa yang diajarkan Kristus sendiri

     P+U Bapa Kami.......

    Doa Penutup

       P       Marilah berdoa(bersama-sama)

    Ya Tuhan Alah kami, Engkaulah Immanuel, Allah menyertai umatNya. Kami akan selalu berusaha meneladani Yusuf dalam menerima panggilan dan perutusanMu dengan tulus hati dan setia. Buatlah kami mampu untuk selalu mendengarkan suaraMu dan buatlah kami berpihak kepada mereka yang miskin dan berkekurangan sesuai dengan tugas perustusan gereja. Amin..

     

     

    Doa Malaekat Tuhan

       P       Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan,

       U      bahwa ia akan mengandung dari Roh Kudus

                Salam Maria...

       P       Aku ini hamba Tuhan,

       U      terjadilah padaku menurut perkataanMu

                Salam Maria...

       P       Sabda sudah menjadi daging,

       U      dan tinggal diantara kita

                Salam maria...

       P       Doakanlah kami ya Santa Bunda Allah,

       U      supaya kami dapat menikmati janji Kristus

                (bersama-sama)

                Ya Allah, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus PutraMu menjadi manusia, curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami, supaya karena sengsara dan salib-Nya, kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami. Amin.

       P       Semoga Allah Bapa melimpahi kita sekalian dengan kekuatan Roh Kudus, (+) Demi nama Bapa, Putra dan Roh Kudus

       U      Amin

     

    Lagu Penutup