Apasih Perbedaan Alfamart dan Indomart? Kenapa Selalu Berdekatan?

Baca Juga

        Kita ketahui banyaknya kebutuhan pokok pada masyarakat, sehingga para pengusaha beramai-ramai berambisi membangun minimarket sana sini. Begitu banyak sudah pembangunan minimarket yang ada di Indonesia. Contohnya saja di dekat tempat tinggal saya. Alfamart dan indomaret dibangun berdekatan, sehingga toko minimarket ini saling bersaing menarik para pelanggannya dengan mengadakan diskon, Lalu sebenarnya apa sih perbedaan antara Alfamart dengan Indomart? kenapa kedua minimarket itu namanya ada dimana-mana dan biasanya selalu berdekatan? ini dia perbedaan Alfamart dan Indomart berdasarkan hasil yang telah saya lakukan, yuk dilanjut....:


1. ALFAMART

        Alfamart pertamakali didirikan oleh Djoko Sutanto pada tanggal 22 Februari 1989, yang pada mulanya beroperasi di Jln. Beringin jaya, Karawaci, Tanggerang – Banten. Pada bulan Desember 1989, PT. Sampoerna, Tbk memiliki hak aset perusahaan sebesar 70% dan PT. Sigmantara Alfindo sebesar 30%. Dengan visi dan misi nya “Belanja puas, harga pas” , PT.  Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (nama perusahan yang sekarang) telah berjalan selama 20 tahun. Pada saat ini Alfamart telah memiliki 21 kantor cabang yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera & Sulawesi dengan lebih dari 6000 toko.
Alfamart merupakan salah satu perusahaan bisnis retail minimarket yang terkemuka di Indonesia. Dengan menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga sehari-hari dari mulai produk makanan, minuman, produk kecantikan, alat tulis, pulsa elektronik sampai ke alat sederhana rumah tangga (gayung, ember, keset kaki, sapu, dll). Harga yang dipatok pun sangat mudah dijangkau, sebagai target market utamanya adalah untuk konsumen kelas ekonomi rendah sampai ke kelas ekonomi menengah. Pelayanan yang ramah, produk yang berkualitas, harga yang murah, serta toko yang mudah dikunjungi karena memiliki cabang dibanyak tempat menjadi keunggulan Alfamart.


2.     INDOMARET

Keunggulan yang dimiliki Indomaret. Beberapa strategi pemasaran yang diterapkan Indomaret dalam jangka pendek anatara lain :
“Harga Heboh” yaitu promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari
“Super Hemat” yaitu leaflet edisi 2 minggu yang mempromosikan produk-produk dengan harga hemat sebagai panduan untuk konsumen belanja hemat
“Promosi bulan ini” yaitu promosi bulanan atas produk tertentu dalam bentuk pemberian hadiah langsung atau potongan harga.Ancaman produk pengganti baru bagi Indomaret adalah seperti peritel tradisional, supermarket dan hypermarket yang menyedikan produk lebih lengkap dan relative harga lebih rendah. Seperti penyediaan kebutuhan sehari-hari yang tidak hanya barang sembako namun juga menyediakan sayur-sayuran, ikan segar dan bumbu dapur lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Inilah Perbedaanya diantara kedua minimarket tersebut.. :
Alfamart:
  1. Harga barang yang ada di alfamart cenderung mahal karena barang dibeli dari distributor.
  2. Pelayanannya yang diberikan kurang bagus
  3. Promosi yang dilakukan oleh alfamart kepada masyarakat lebih efektif dan cepat
  4. Ketersediaan produk sama-sama cukup imbang banyak dan beragam,
  5. Di alfamart menjual berbagai merk Es-Krim,
  6. Dari kebanyakan Alfamart memiliki CCTV, menjadikan pengawasan lebih aman
  7. Sama-sama memiliki mesin ATM, Jadi para pelanggan bisa sekaligus berbelanja disana agar waktu dan tenaga mereka lebih efesien,
  8. Kebanyakan alfamart kurang begitu luas,
  9. Alfamart dilengkapi dengan fasilitas cermin, jadi para pelanggan dapat bercermin sesuka hati :D
  10. Alfamart dilaengkapi hanya dengan musik.
  11. Kartu alfamart free (point n diskon)
  12. terkadang dialfamart ada tukang parkir

Indomaret :
  1. Harga barang yang ada di indomaret cenderung lebih murah karena barang yang dijual diperoleh langsung dari produsen.
  2. Pelayanannya yang diberikan cenderung lebih baik.
  3. Promosi yang dilakukan oleh indomaret cenderung lambat.
  4. Ketersediaan produk sama-sama cukup imbang banyak dan beragam
  5. Kurangnya berbagai merk Es-Krim
  6. kebanyakan Indomaret tidak dipasangkan CCTV, jadi tingkat pengawasan di inodmaret kurang.
  7. Memiliki mesin ATM, Jadi para pelanggan bisa sekaligus berbelanja disana agar waktu dan tenaga mereka lebih efesien,
  8. Kebanyakan indomaret lebih luas
  9. Sedangkan indomaret tidak memiliki cermin
  10. Indomaret dilengkapi fasilitas berupa televisi dan musik, agar kita dapat menonton bagaimana pelayanan indomaret,
  11. Kartu indomart berbayar (emoney)
  12. Di indomaret parkir gratis

Nah itulah penjelasan dan perbedaan tentang kedua minimarket ini alfamart dan indomaret, lalu adapun Alasan Kenapa Alfamart dan Indomart Selalu Berdekatan? Apakah ada konspirasi Tersembunyi? Atau Persaingan Tidak Seimbang???
Apakah penyebab dari itu semua??


Terimakasih