Tips Menambah Pembendaharaan Kosa Kata

Baca Juga

Vocabulary Building, kosa kata bahasa Inggris

English Vocabulary building — atau pengembangan penguasaan pembendaharaan kata bahasa Inggris. Penambahan pembendaharan kosa kata (vocabulary building) perlu terus menerus dilakukan agar jumlah kosa kata yang dikuasai untuk berkomunikasi semakin bertambah.

Cara yang baik dilakukan untuk vocabulary building adalah dengan selalu mempraktekan apa yang sudah dikuasai dalam kegiatan komunikasi langsung setiap hari. Adapun kegiatan-kegiatan yang baik dilakukan untuk menambah pembendaharaan kosa kata bahasa Inggris, diantaranya adalah :
  • Banyak membaca
  • Menonton tayangan televisi yang menayangkan film/acara yang menggunakan bahasa Inggris, seperti : National Geography, atau Harry Potter.
  • Berkomunikasi langsung dengan Native Speaker.

Arti Kata
Native Speaker adalah seseorang yang bebicara dalam bahasa yang merupakan bahasanya atau bahasa ibunya. Seorang native speaker biasanya dapat berbicara dalam bahasanya dengan baik karena mereka berbicara dalam bahasanya sejak kecil.

Kegemaran membaca sangat besar manfaatnya untuk menambah penguasaan kosa kata (vocabulary building). Disamping itu diperoleh pula tambahan model susunan atau bentuk-bentuk structure fungsional yang lebih baik dan luas.

Untuk mendapatkan keterangan dan arti kata atau istilah baru, diperlukan kamus yang memadai, yaitu kamus yang memuat cukup luas jumlah serta arti kata dan istilah-istilahnya dalam konteks kalimat bermakna serta cara membaca kata-kata yang dimaksud dengan menggunakan huruf phonetics-nya.

Arti Kata
Phonetics adalah bagian ilmu dalam linguistik yang mempelajari atau menyelidiki bunyi bahasa yang diproduksi oleh manusia tanpa melihat fungsi bunyi itu sebagai pembeda makna dalam suatu bahasa (langue).

Ilmu fonetik meyelidiki bunyi dari sudut pandang tuturan atau ujaran (parole). Di sisi lain fonologi adalah ilmu yang berdasarkan fonetik dan mempelajari sistem fonetika — wikipedia.org

Perlu diingat, bahawa untuk memperoleh penambahan kosa kata, jangan sekali-kali menghafal dari kamus, sebab tidak akan terserap bahkan hal itu dapat membuat Anda jenuh.

Tips menggunakan Kamus
Cara menggunakan kamus yang baik ialah dengan cara membaca teks bacaan terlebih dahulu, kemudian menuliskan sejumlah kosa kata baru atau istilah baru yang belum diketahui artinya, setelah itu baru dicari di dalam kamus.

Untuk latihan pelafalan/pengucapan dan pendengaran, Anda bisa memanfaatkan media yang ada, misalnya dengan menonton tayangan televisi yang menayangkan suatu acara/film yang menggunakan bahasa Inggris. Biasanya dengan menonton, seseorang lebih mudah menangkap maksud dari perkataan seseorang dan cukup mudah untuk menirunya.

Selain tayangan televisi atau film, Anda pun dapat mencari buku pelajaran bahasa Inggris lengkap dengan kaset/CD-nya di beberapa toko buku yang tentunya dapat dipergunakan untuk memudahkan Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.

At least but not last, bahasa Inggris dapat dipelajari dan dikuasai oleh siapapun yang berminat untuk mempelajarinya.

Untuk menguasai cara-cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, mulailah berlatih tata bahasa Inggris (grammar).  Anda pun dapat mempelajari selengkapnya mengenai dasar-dasar percakapan bahasa Inggris disini.

Hasil belajar dan latihan akan lebih mudah dicapai manakala dalam berlatih disertai rasa menyukai.