Pengertian dan Fungsi Relative Pronoun ( Kata Ganti Penghubung )

Baca Juga


Apa itu relative pronoun ?

Relative pronoun
adalah kata ganti yang memiliki fungsi untuk menghubungkan anak kalimat pengganti kata sifat ( adjective clause ) dengan antecendent-nya. Atau secara sederhana dapat kita artikan bahwa relative pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menggabungkan dua buah kalimat menjadi satu dengan membuang bagian-bagian yang sama. Yang termasuk dalam relative pronoun yaitu “ who, whom, whose, which, what, dan that “ yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “yang”.

pengertian dan fungsi relative pronoun

Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi kata-kata yang termasuk dalam relative pronoun :


1.    Who 

Sebagai relative pronoun, who digunakan untuk menggantikan orang dalam kalimat, baik yang berkedudukan sebagai subjek maupun yang berkedudukan sebagai objek. Berikut ini adalah penggunaan relative pronoun “who “ dalam kalimat :

The man who hit you yesterday is my neighbour ( lelaki yang memukulmu kemarin adalah tetanggaku )
I like the girl who danced with me yesterday ( saya menyukai gadis yang menari denganku kemarin )


2.    Whom

Sebagai relative pronoun, whom digunakan untuk menggantikan orang dalam kalimat yang berkedudukan sebagai objek. Fungsi “whom” sebagai relative pronoun adalah sebagai berikut :

He teach the man whom you invited to your party last night ( dia mengajar laki-laki yang kamu undang ke pestamu kemarin malam )
I know the girl whom you like ( saya tahu gadis yang kamu suka )


3.    Whose
Jika  “whose” digunakan sebagai relative pronoun, maka ia digunakan untuk menggantikan kepemilikan sesuatu, baik pemilik itu berupa benda, binatang atau orang. Misalnya :
The cat whose has long tail is hers ( kucing yang punya ekor panjang itu miliknya )
The man whose house is big, is my uncle ( lelaki yang rumahnya besar itu adalah pamanku )


4.    Which 

Bentuk relative pronoun “which” digunakan untuk menggantikan selain orang, baik itu yang berkedudukan sebagai subjek maupun sebagai objek. Penggunaan relative pronoun “whose” adalah sebagai berikut :

The beach which you visited last year is amazing ( pantai yang kamu kunjungi tahun lalu sangat keren )
I have visited Borobudur temple which is the largest Budhist temple in the world ( saya telah mengunjungi Candi Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar di dunia )


5.    What

Sebagai Relative pronoun, “what” digunakan untuk menggantikan benda tunggal ( singular noun ), tetapi tanpa menyebutkan jenis bendanya. Contoh penggunaan relative prononoun “what” :

That is what he likes ( itu adalah yang dia suka )
I hate what you do ( saya membenci yang kamu lakukan )


6.    That

Bentuk relative pronoun "that" digunakan untuk menggantikan benda, binatang atau orang, baik itu yang berkedudukan sebagai objek atau subjek dalam kalimat. Fungsi relative pronoun "that" bisa dilihat pada contoh kalimat berikut :

The cat that runs fast is mine ( kucing yang berlari dengan cepat itu milikku )
The car that is red is hers ( mobil yang berwarna merah itu miliknya )

Demikianlah penjelasan mengenai relative pronoun dan fungsi relative pronoun dalam kalimat. Semoga tulisan ini bermanfaat.