Contoh Kalimat Conditional Type 1 dan Pengertian serta Rumusnya

Baca Juga



Conditional Sentence type 1 juga dikenal dengan istilah future possible atau futuce conditional sentence yang berarti kemungkinan yang akan datang.

Conditional sentence type 1 juga dikenal dengan nama real condition in future or present karena kemungkinan tejadinya sangat besar.

Conditional sentence type 1 digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang dilakukan atau terjadi di masa yang akan datang apabila suatu syarat terpenuhi. Kemungkinan terjadinya perbuatan atau peristiwa tesebut tergantung pada terpenuhi atau tidaknya syarat tersebut.

Ada 3 pola kalimat conditional sentence type 1 yang perlu kita pahami jika ingin memperoleh score TOEFL yang baik.

Pola conditional sentence type 1 yang pertama digunakan untuk menyatakan angan-angan atau kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Perhatikan rumus conditional sentence type 1 dengan pola ini:


If + Subjek+ simple present, subjek + simple future
Subjek + Simple Future + If + Subjek + Simple Present

Perhatikan contoh kalimat conditional sentence type 1 di bawah ini :

If I am not busy, I will come to your party ( jika saya tidak sibuk, saya akan datang ke pestamu )
If I have enough time tomorrow, I will accompany you ( jika saya punya waktu besok, saya akan menemanimu )
If the weather is nice tomorrow, we will go on a picnic ( jika cuaca bagus besok, kita akan pergi piknik )
I will bake an apple pie this afternoon if I have enough apples ( saya akan memanggang pie apel siang ini jika saya punya cukup apel )
She will go to the beach tomorrow if I go ( dia akan pergi ke pantai besok jika saya pergi )  

Pola kalimat conditional sentence type 1 yang kedua digunakan untuk menyatakan kebiasaan yang akan terjadi jika syaratnya terpenuhi. rumus kalimat conditional sentence type 1 ini adalah sebagai berikut:

If + subjek + simple present, subjek + simple present
subjek + simple present, if subjek + simple present

Perhatikan contoh kalimat conditional sentence type 1 pola kebiasaan berikut ini:

If he has enough time he usually walks to school ( jika dia punya cukup waktu, dia biasanya berjalan ke sekolah )
If the doctor has morning office hours,he visits his patients in the hospital in the afternoon
( jika dokter memiliki jam kerja pagi, dia mengunjungi pasien-pasiennya di rumah sakit pada pagi hari )
If i have much money, I always save it ( jika saya punya banyak uang, saya selalu menabungnya )
She usually eats here if she wants to be alone ( dia biasanya makan di sini jika dia ingin sendirian )
He always reads a book if he have time ( dia selalu membaca buku jika punya waktu )  

Pola kalimat conditional sentence type 1 yang ketiga digunakan untuk memberikan perintah atau menyatakan permintaan jika syarat yang ada di If clause-nya terpenuhi. Perhatikan rumus conditional sentence type 1 berikut ini :

If + subjek + simple present tense + command form
command form + If + subjek + simple present tense

command form selalu dalam bentuk present tense

Berikut ini adalah contoh kalimat conditional sentence type 1 dengan pola Command forrm:

contoh kalimat conditional sentence type 1

If you go to Japan, please tell my ex girlfriend, YUI that I miss her ( jika kamu pergi ke Jepang, tolong katakan kepada mantan saya, YUI bahwa saya merindukannya )
If you come to my house, bring some snacks ( jika kamu datang ke rumahku, bawa makanan ringan )
If you go hiking, bring safety stuffs ( jika kamu pergi mendaki, bawa alat keselamatan )
Please call me if you hear from Jane ( tolong telepon aku jika kamu mendengarnya dari Jane )
Please leave me if you don’t love me anymore

Demikianlah penjelasan mengenai conditional sentence type 1 beserta rumusnya. Semoga contoh kalimat conditional sentence type 1 di atas bisa menambah pemahaman kita.