Manfaat Obat Tradisional Dari Daun Delima Untuk Kesehatan

Baca Juga

anekaobatherbalalam.blogspot.com Obat Tradisional sudah terkenal ampuh dari jaman dahulu. Obat yang dibuat secara turun temurun ini mempunyai bahan dasar dari tumbuh-tumbuhan alam sekitar dan dibuat pula dengan cara yang relatif mudah murah serta sederhana. Akan tetapi walau dibuat dengan sederhana itu tidak mengurangi dari khasiat yang sangat baik untuk kesehatan, bahkan cenderung tak beresiko dan sangat aman dalam jangka panjang karena terbuat dari bahan yang alami tanpa bahan kimia. Banyak bahan yang dapat digunakan agar menjadi obat herbal, salah satunya seperti yang akan saya kulik saat ini yaitu Membuat Obat berbahan dasar dari daun buah delima dengan cara tertentu sesuai dengan jenis penyakitnya. Kenapa daun delima yang saya bahas?? karena pada umumnya orang hanya banyak mengenal buahnya saja, padahal tanpa disadari dengan cara yang tepat daunnya pun dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai alternatif penyembuhan beberapa jenis penyakit.

Obat Tradisional herbal dari daun delima yang kaya manfaat

Manfaat daun buah delima sangat kompleks walapun rasanyanya tak semanis buahnya tapi untuk masalah kesehatan insya Allah seatas ijin Allah SWT dengan segala rahmatNya dapat mengurangi atau pula mengobati beberapa jenis penyakit. Daun delima yang berbentuk lonjong sampai lanset serta mempunyai warna hijau dengan jenis tunggal ini dapat diolah dengan cara-cara direbus, diseduh dan dilumatkan tergantung masalah kesehatan apa yang sedang diderita. Secara umum Tanaman delima merupakan tumbuhan perdu yang bisa hidup di daerah subtropik maupun tropik. Untuk masalah varian-varian buahnya mungkin bisa kita bahas lain hari secara khusus dengan topik buah delima.

Secara Garis Besar kandungan dalam daun buah delima ini adalah tanin yang sangat ampuh untuk meluruhkan haid pada wanita. selain itu kegunaannya juga bisa berfungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati sesak nafas, meredakan demam, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelas lagi berikut ini adalah cara meracik daun delima beserta manfaat dan khasiatnya :

Cara Membuat Obat Herbal dari daun delima

  • Melangsingkan Tubuh
2 lembar daun delima ditumbuk sampai halus. Dengan ditambahkan air hangat 3 gelas, remas-remas tumbukan tersebut dan jangan lupa diberi sedikit garam. Lalu peraslah dan saringlah. Minum 2-3 kali dalam sehari dengan takaran 1/2 gelas secara teratur.
  • Obat Gangguan Pencernaan ( Mual, Kembung, dan perih )
Iris secara halus 5 helai daun delima, lalu gunakan air mendidih sebanyal 1/2 gelas untuk menyeduh irisan tersebut. Diamkan dengan kurun waktu 5 menit baru bisa diminum selagi masih hangat. cara ini lakukan secara berkala selama 5 hari berturut-turut.
  • Obat Sesak Nafas
Cukup dengan merebus daun delima bersama daun teh lalu diminum sampai habis airnya.
  • Meredakan Demam
Isi Buah delima berserta daunnya dengan ditambah halia dilumatkan kemudian tinggal peras sampai keluar airnya, nah minum air hasil perasan tersebut.
  • Obat Diare untuk Anak-anak maupun Orang Dewasa
7 lembar Daun Delima ditumbuk halus, lalu campur dengan teh kurang lebih satu genggam. Masukan kedalam gelas yang sudah terisi air panas sebelumnya. Diamkan sampai air menjadi hangat, lalu minum secara teratur  sampai sembuh.
  • Mencegah Masuk Angin
Seduh 10 lembar daun delima dan teh secukupnya dengan menggunakan segelas air panas. minum selagi hangat dengan takaran 1 gelas sekali minum sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Obat Saat Maag
Rebus 7 helai daun delima menggunakan 1 gelas air dengan ditambahkan gula jawa secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan air berkurang sampai tinggal 3/4 gelas. Minum saat masih hangat.

Demikian lah sedikit Info yang bisa saya bagi ke teman-teman pembaca yang budiman. semoga apa yang telah saya tulis dapat berguna untuk mengurangi masalah kesehatan anda. Dengan cara yang sederhana berbahan alami murah bisa langsung dipraktekan sendiri dirumah masing-masing. Jika ada kesalahan dalam berkata dan tulisan saya harap maaf yang sebasar-besarnya, harap maklum. Semoga Sehat selalu karena Sehat itu Enak.