Green Tea Muffins

Baca Juga


Bismillah..
Masih ada sisa stock grinti abis dipake bikin martabak grinti & kukis grinti beberapa waktu lalu. Tinggal kurang lebih 3 sdt bubuk grinti, paaas deh dipake bikin muffin.
Udah beberapa lama ngebookmark resep muffin grintinya mba Eliza, akhernya keturutan bikin. Hasil muffinnya moist, sama sekali ga kering & seret karena pake buttermilk. Bisa juga pake yoghurt atau sour cream. Kalo rasanya? Ya jelas nggrinti lah, pait-pait endeus :D Makasiiih banyak ya resepnya mbaa :*
Tapi warna hejo grinti saya beda ama punya mba Eliza. Klo punya blio kan hejonya kinclong yak, nhah klo punya saya ini antara kuning-coklat ato ijo buthek-buthek gitu lah. Ga jauh beda penampakannya ama martabak grinti saya yang ijo buthek kemaren, heheu.. etapi soal rasa, bubuk grinti saya ini nendang rasa & aromanya. Saya & anak2 sih suka, tapi ayahnya ga terlalu.. :)
Bubuk grinti macem-macem yah teman, ada yang warnanya lebih terang, ada yang lebih gelap ada juga yang warnanya buthek kaya punya saya. Rasanya pun bisa jadi ada yang lebih nendang, ada juga yang samar paitnya ada yang pait banget. Jadi yaa..kenali dulu bubuk grintimu wokeeh



Oiyah, saya suka muffin yang mbelendung tinggi dan bagian atasnya crisp. Jadi saya adjust dikit resep mba Eliza di baking temperaturnya. Saya pake suhu tinggi di 5 menit awal kemudian diturunkan ke suhu standar hingga selesai dipanggang. Tips ini saya dapat dari SBA waktu bikin bakery-style muffin.

Green Tea Muffins
diadaptasi dari My Live, My Love, My Food
makes 11 regular muffins

Bahan
200 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
1 1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue/baking soda
1/2 sdt garam
3 sdt bubuk grinti

125 gr plain yoghurt atau buttermilk (saya pake 120 ml homemade buttermilk)
175 gr gula pasir halus
1 butir telur ukuran besar
80 gr campuran minyak dan butter (saya pake semua minyak)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 200 C. Alasi loyang muffin dengan muffin cups
Aduk semua bahan kering. Sisihkan
2. Aduk rata semua bahan basah, setelah rata, ayak bahan kering ke wadah bahan basah. Aduk asal rata, ga perlu sampai licin. Jika masih ada yang gumpalan kecil tepung biarkan saja, hindari overmix
3. Tuang 3/4 penuh ke muffin cups (saya hampir penuh), panggang suhu 200C selama 5 menit kemudian turunkan ke suhu 180 C selama 13-14 menit hingga matang atau tusuk gigi dimasukkan keluar bersih saat tes tusuk
Angkat, dinginkan 5 menit sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipindahkan ke rak kawat
Selamat mencoba :)