Muffin Brownies Pisang | Muffin-Shaped Banana Brownies

Baca Juga


Bismillah..
Maafkan atas ke-tidakkonsisten-an judul postingan sama judul di foto di atas. Galau, ini baiknya masuk kategori muffin ato brownies aja, hehe..
Eniwei, ini adonan brownies kok sebenernya, brownies pisang tepatnya. Hanya saya panggang di cetakan muffin sehingga jadilah dia penampakannya mirip muffin coklat. Resepnya saya modif dari resep brownies populer sepanjang masa (halagh!), brownies pisang versi panggang. Porsi DCCnya saya kurangi dan coklat bubuk saya tambahkan untuk gantinya, saya juga skip bahan pengembangnya. Hasilnya? teteup enyaak, alhamdulillah :)
Bantet dong? Lha iyes, kan judulnya brownies.. eh, muffin brownies..
Tapi bantet ga berarti keras yaa. Muffin brownies ini moiiist dan legit dari pisang yang udah kematengan. Teksturnya padet tapi lembut & empuk dengan lapisan tipis alias thin crust di bagian atas yang crack-y. Syukaa... saya malah seneng kalo brownies retak-retak atasnya, lebih sekseh gtu.. :P
Dan ini bukan typical fudgy brownies yah.. karena resep ini pemakaian tepung terigunya lumayan banyak. Tapi ga juga cakey, karena saya skip pengembang dan saya ngocok hanya pake hand whisk :)

Tips: gunakan pisang yang sudah benar-benar matang, yang kulitnya udah mulai coklat atau berbintik..yang sebagian dagingnya udah mulai lebam bin bonyok..dijamin rasa manisnya di muffin akan makin legiiit dan aromanya, hmmm...

Muffin Brownies Pisang
makes 12 regular muffin

Bahan
100 gr tepung terigu
1/2 sdt vanila bubuk
30 gr coklat bubuk (saya pake VanHouten)
1/2 sdt garam
> campur rata

100 gr dark cooking chocolate
3 sdm mentega
170 gr gula pasir
2 butir telur ukuran besar
2 1/2 buah (300 gr) pisang cavendish (yang benar-benar matang, lumatkan dengan garpu)
*bisa diganti pisang ambon

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 C. Siapkan loyang muffin, alasi dengan cupcake case/liner
2. Panaskan coklat dcc dan mentega dengan cara ditim hingga mencair dan panas. Angkat
3. Masukkan gula pasir. Aduk cepat dengan whisk atau garpu hingga gula larut.
4. Masukan telur satu per satu, aduk hingga adonan halus dan mengkilat.
5. Masukkan campuran tepung, aduk asal rata
6. Masukkan pisang, aduk hingga asal rata
7. Tambahkan chocochips jika suka, aduk rata. Tuangkan ke cetakan, isi hingga hampir penuh. Taburi dengan choco chips atau almond slice (opsional)
8. Panggang selama 25 menit ato sampe tusuk gigi dimasukkan keluar dengan sedikit remah moist yang menempel. Jangan overbaked, brownies mudah sekali kering kalo kelebihan waktu panggangnya meski sedikit


Biarkan di loyang 10 menit sebelum dikeluarkan dan didinginkan di atas rak kawat.

Selamat mencoba ^^