Language, Thought and Utterance

Baca Juga


Bahasa (Language)
Makna bahasa dalam hal ini adalah suatu sistem dari isyarat untuk menyandikan dan menterjemahkan informasi. Hematnya, bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk mengekspresikan pikiran ataupun perasaan dalam bentuk simbol-simbol komunikasi baik lisan, tulisan ataupun gestur.

Pikiran (Thought)
Pikiran pada umumnya mengacu pada aktivitas mental atau intelektual yang melibatkan kesadaran subjektif seseorang. Dalam segi berbahasa, pikiran, singkatnya merupakan kemampuan mental seseorang dalam memahami dan menghasilkan suatu ungkapan/ucapan.

Ucapan (Utterance)
Ucapan merupakan suara yang dihasilkan langsung dari seseorang yang berbicara. Dengan kata lain, ucapan merupakan kata, kalimat ataupun gagasan yang dihasilkan oleh sesorang melalui suatu proses yang terjadi didalam otak yang kemudian "di interpretasikan" kedalam bunyi/suara (ucapan) yang memiliki arti/makna.

Bahasa dan Pikiran (Language & Thought)
Otak adalah pusat koordinasi dari semua aktivitas linguistik; ia mengatur produksi kognisi linguistik dan pemaknaan, serta mekanika dari produksi lisan. Dengan kata lain, bahasa dan pikiran memiliki hubungan yang interaktif.

Untuk pembahasan yang lebih lanjut mengenai hubungan antara bahasa dan pikiran, Anda bisa membacanya disini atau di wikiversity.org

Bahasa dan Ucapan (Language & Utterance)
Bahasa merupakan sebuah bentuk ucapan yang mengandung makna dan dapat dipahami oleh manusia.

Pikiran dan Ucapan (Thought & Utterance)
Pada umumnya, pikiran dapat diungkapkan dengan kata-kata atau kalimat.  Dengan kata lain, kata atau kalimat yang diucapkan merupakan sebuah hasil dari suatu proses yang terjadi didalam otak.