Karakter Orang Sukses Ala Bob Sadino

Baca Juga

Tidak mudah memang menjalani sebuah bisnis, ketatnya persaingan dan sulitnya menarik minat para pelanggan membuat sebagian pelaku bisnis memilih untuk gulung tikar. Menjalani bisnis bukan hanya sekedar berapa banyak modal yang kita tanam, skema dan rencana apa yang kita buat, prosedur dan penargetan seperti apa yang kita jalankan dan berbagai detail-detail lainya yang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Namun, bukan hanya itu saja yang menentukan bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik dan mampu meraup keuntungan. Hal utama yang perlu mendapat perhatian adalah karakter, karakter diri anda. Karakter yang memiliki kekuatan dan ketahanan mental dalam berbisnis.

Salah seorang pengusaha sukses di Indonesia, Bob Sadino, yang juga merupakan pendiri Kemfood dan Kemchick sekaligus sumber inspirasi bagi sebagian orang mengemukakan 5 karakter yang harus dimiliki seorang pebisnis agar bisnis yang dijalaninya mampu meraih kesuksesan. Dikutip dari netpreneur, berikut karakter orang sukses.

Memiliki kemauan yang keras
Memiliki kemauan adalah modal awal dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Karena yang namanya memulai, bukanlah hal yang mudah seperti halnya membalikan telapak tangan. Memulai adalah hal yang sangat sulit terlebih lagi dalam memulai sebuah bisnis. Banyak yang harus dilakukan sebelum membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Ide dan perencanaan saja tidak cukup, perlu adanya kemauan yang keras dan keberanian dalam memulai sesuatu.

Memiliki tekad yang kuat
Setelah anda membangun sebuah bisnis, waktunya anda untuk menjalankanya dengan sebaik dan semaksimal mungkin sesuai dengan perencanaan yang telah anda susun sebelumnya di dalam "action plan" yang berisi langkah-langkah konkret yang menjadi panduan anda dalam menjalankan bisnis.
Agar bisnis tidak melenceng jauh dari target yang sudah dirancang, anda  harus memiliki komitmen dan tekad yang kuat untuk selalu konsisten menjalankan bisnis sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan.

Berani mengambil resiko
Segala sesuatu memiliki resikonya masing-masing, begitupun dengan bisnis anda, selalu ada resiko, salah satunya adalah kerugian. Dengan adanya resiko membuat sebagian pebisnis lebih memilih "bermain dijalur yang aman" karena terlalu takut untuk mengambil keputusan sehingga membuat bisnisnya kurang bergairah dan tetap berjalan ditempat. Karenanya, dibutuhkan keberanian dalam mengambil keputusan agar bisnisnya mampu berkembang dengan mencoba strategi baru dan inovasi-inovasi yang baru.

Tahan banting dan tidak cengeng
Kerugian, kegagalan, cobaan, tantangan adalah hal yang akan selalu ada dalam sebuah bisnis. Dalam menghadapi situasi sulit, dibutuhkan mental yang kuat sehingga mampu mencari solusi dari permasalahan yang tengah terjadi agar bisnis anda bisa tetap bertahan dan kembali bersaing.

Ikhlas dan selalu bersyukur
Seberapa sering Anda bersyukur atas apa yang telah Anda terima?
Rasa ikhlas dan syukur ini membuat pebisnis dapat memaknai setiap hasil yang didapat dari bisnisnya, sekecil apapun profit usaha yang ia peroleh. Sikap hati yang tulus dan selalu bersyukur kepada Tuhan membuat seorang pebisnis menjalankan usahanya dengan sistem go-with-the-flow.