Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung

Wah, Indahnya 6 Masjid Asal Iran Ini

Baca Juga

Masjid merupakan tempat ibadah sekaligus karya arsitektur yang sangat mengagumkan dengan berbagai keindahan dan nilai sejarah yang dimilikinya seperti halnya masjid-masjid yang ada di Iran.
Berikut ini beberapa masjid yang telah dirangkum blog Go-Blog dalam artikel Wah, Indahnya 6 Masjid Asal Iran Ini


1. Masjid Nasir al-Mulk
Masjid-Nasir-al-Mulk
Masjid yang terletak di Shiraz, Iran ini tampak dari luar seperti kebanyakan bangunan masjid biasa lainya. Namun di dalamnya menyimpan keindahan serta paduan warna yang menawan.
Interior-Masjid-Nasir-al-Mulk
Dihiasi dengan kaca warna-wari membuat masjid ini tampak indah ketika sinar matahari menyinari kebagian dalam masjid pink ini.
langit-Masjid-Nasir-al-Mulk
Langit-langit masjidnya dihiasi dengan keramik cantik bermotif bunga rose berwarna pink yang membuatnya di juluki sebagai Pink Mosque
Masjid-Nasir-al-Mulk-warisan
Konsep dari bangunan ini merupakan warisan dari kehidupan di tahun 1876. Pembangunan Masjid Nasir al-Mulk sendiri dirampungkan pada tahun 1888.
2.  Masjid Vakil 
Bangunan-Masjid-Vakil
Masih di Kota Shiraz, di sebelah selatan Iran ada bangunan masjid yang tak kalah menakjubkan bernama Masjid Vakil. Masjid ini dibangun sekitar dua abad yang lalu sekitar tahun 1751 dan 1773 atas perintah Karim Khan Zand (Mohammad Karim) pada masa pemerintahanya. Masjid ini dibangun dekat istana kerajaan dan di kompleks Zandiyeh dengan luas 8.660 meter persegi.
inside-Bangunan-Masjid-Vakil
Masjid ini di bangun dengan 48 pilar monolitik yang dibentuk seperti spiral
interior-Bangunan-Masjid-Vakil
Pada bagian langit-langitnya dihiasi dengan marmer hijau, menjadikanya karakteristik dari gaya arsitektur pada era Dinasti Zand, abad ke-18.
3. Masjid Sheikh Lotfolla
Megahnya-Masjid-Sheikh-Lotfolla
Masjid yang terletak di sisi timur Naqsh-i Jahan Square, Isfahan, Iran ini merupakan salah satu mahakarya dari arsitektur Safavid (safawi) Iran. Masjid ini dibangun oleh Syaikh Bahai pada masa pemerintahan Shah Abbas I dari dinasti Safawi pada tahun 1603-1619.
Megahnya-Bangunan-Masjid-Sheikh-Lotfolla
Di dalam ruangan masjid terdapat tulisan-tulisan kaligrafi yang sangat indah karya Ali Reza Abbasi, seorang kaligrafer terkemuka di Iran. Ayat-ayat Al Quran menghiasi setiap sudut masjid.
Kaligrafi-Bangunan-Masjid-Sheikh-Lotfolla
Dalam dinding yang terletak di sebelah barat bangunan masjid terpampang puisi karya dari Syekh Bahai.
4. Masjid Shah Imam
Masjid-Shah-Imam-Isfahan
Terletak di Isfahan, Iran. Masjid ini juga masuk dalam daftar World Heritage Site, UNESCO.
Masjid ini dibangun pada tahun 1611 berhiaskan ukiran mosaik dan kaligrafi.
konstruksi-Masjid-Shah-Imam-Isfahan
Masjid dengan konstruksi bangunan yang cukup besar ini diperkirakan menghabiskan sekitar 18 juta batu bata dan 475 ribu ubin.
5. Masjid Jameh
Masjid-Jameh-dinasti-al-e-bouyeh
Masjid Jameh ini dibangun masa dinasi Al e Bouyeh sekitar abad ke-12 dan mengalami renovasi sekitar tahun 1324 dan 1365. Masjid yang terletak di Yazd, Iran ini memiliki gaya arsitektur Persia.
Masjid-Jameh-dua-menara-biru
Masjid ini memiliki dua menara berwarna biru yang menjadikanya bangunan tertinggi di Iran.
nuansa-arsitektur-Masjid-Jameh
Berada di dalam masjid kita akan merasakan nuansa arsitektur bergaya mozaik khas Persia.
6. Masjid Sayyed
Masjid-Sayyed-peninggalan-dinasti-qazar
Adalah masjid yang populer dari peninggalan Dinasti Qazar yang terletak di Isfahan, Iran. Masjid ini dibangun oleh Sayyed Mohammad Bagher Shafti, yaitu seorang ulama ternama di Isfahan pada abad ke-19.
di-dalam-Masjid-Sayyed
Masjid ini pun termasuk kedalam masjid yang tetap dilesatarikan sejarah dan keindahanya agar bisa bertahan dari masa ke masa.