Flashdisk Video Edukasi Islami Berisi 500 Lebih Video Edukasi..16GB Sandisk ORIGINAL garansi 5 Tahun.Gratis 1 OTG,Dengan potongan 12%! Hanya Rp74.800. Dapatkan sekarang juga di Shopee! klik link ini langsung ke  SHOPEE :VIDEO EDUKASI ISLAMI atau klik wa 081296355567 untuk WA ke Admin langsung

Kisah Perjalanan Si 'Penjelajah Mars' Selama 28 Bulan

Baca Juga

Pendaratan
Sol 0  (6 Agustus 2012)
pendaratan-di-mars-sol-0
Pendaratan
Curiosity rover mendarat setelah melalui suatu rangkaian pendaratan yang rumit selama tujuh menit.


Memulai Perjalanan
Sol 16  (22 Agustus 2012)
memulai-perjalanan-sol-16
Curiosity sedang melakukan pengujian instrumen
Sebelum melakukan penjelajahan, Curiosity menghabiskan waktu selama dua minggu guna menguji dan memastikan semua instrumenya berfungsi dengan baik.

Kedukan Pertama di Mars
 Sol 61  (7 Oktober 2012)
kedukan-pertama-sol-61
Pengambilan sampel
Kalau dulu sebuah pijakan pertama di Bulan, sekarang kedukan pertama di Mars. Dengan lengan yang dilengkapi alat keduk, Curiosity mengambil sampel tanah Mars dari sebuah bukit pasir yang diberi nama Rocknest.

Foto Selfie Curiosity di Rocknest 
Sol 84  (31 Oktober 2012)
foto-selfie-curiosity-rocknest-sol-84
Rocknest
Foto self potrait ini menggambarkan keadaan Curiosity di sebuah tempat dekat pendaratan guna mempelajari komposisi dari angin yang berasal dari kawah dimana pasir tertiup olehnya selama enam minggu.

Enam Bulan di Teluk Yellowknife
teluk-yellowknife-sols-124-229
Teluk Yellowknife
Sols 124 - 299 (11 Desember 2012 - 9 Juni 2013)
pengujian-dan-pengeboran-mudstone
Curiosity menghabiskan tahun pertama Buminya di Mars di sebuah lembah yang luas namun dangkal yang di beri nama Teluk Yellowknife.
Disana Curiosity melakukan pengujian pada sebidang mudstone yang berada di dasar teluk tersebut guna mendapatkan titik-titik pengeboran yang tepat, yang kemudian dilakukan pengambilan sampel  dan serangkaian eksperimen kimia serta analisa dari batuan tersebut, yang mana batuan tersebut terbentuk miliaran tahun yang lalu dari endapan danau.
(Baca juga Bekas Kawah Gale dimana dulunya pernah ada air)
 
Perjalanan Panjang Menuju Mount Sharp
Sol 324  (4 Juli 2013)
perjalanan-menuju-mount-sharp-sol-324
Mt. Sharp
Setelah hampir satu tahun penuh mempelajari daerah di dekat lokasi pendaratanya, Curiosity melanjutkan perjalananya menuju Mt. Sharp.

Darwin
Sol 392  (12 September 2013)
darwin-sol-392
Darwin
 Ini adalah ttitik dimana perjalan pertama Curiosity menuju Mount Sharp dimulai, dimana terdapat tonjolan bebatuan yang mengitari tanah disektiarnya. Curiosity mempelajari sebentar batuan tersebut sebagai bukti bahwa dulunya disini terdapat aliran air.

Upgrade di Cooperstown
Sol 442 (3 November 2013)
berhenti-guna-melakukan-upgrade-cooperstown-sol-442
Cooperstown
Curiosity berhenti di titik kedua dalam perjalanya di sebuah lereng curam yang diberi nama Cooperstown. Selama seminggu Curiosity berhenti guna mendownload, menginstal dan menelusuri permasalahan yang tidak terduga pada software yang di update dari bumi.

Setelah melakukan upgrade software tersebut, Curiosity melanjutkan perjalananya menuju Mount Sharp. Beberapa titik perjalanan telah dilalui sepanjang waktu dari Sol 538 - 752 (9 Februari -  17 September 2014). Sol adalah istilah untuk hari di Mars yang 40 menit lebih lama dari hari di Bumi.
pengeboran-di-daerah-widjana
Widjana
Titik yang dilaluinya seperti Dingo Gap, Kimberley dimana terdapat banyak batuan pasir di wilayah tersebut, Windjana dimana Curiosity melakukan pengeboran pada lempengan dari batuan pasir tersebut, dalam menempuh perjalanan sepanjang 5 mil dan melintasi medan-medan yang kasar mengakibatkan roda Curiosity yang terbuat dari alumunium tersebut mengalami robekan yang sangat besar. 
kerusakan-pada-roda-alumunium
Kerusakan pada roda
Guna mengurangi kerusakan lebih lanjut, Curiosity mencoba memilih jalur yang memiliki tekstur dan kontur tanah yang lembut dengan melalui daerah yang berpasir halus yang dinamai Hidden Valley, namun setelah beberapa lama menempuh perjalanan.

Para perancang misi memutuskan untuk tidak melalu daerah tersebut dan kembali berjalan di jalan yang kasar seperti sebelumnya hingga akhirnya sampai di Pahrump Hills yang merupakan bagian dari kaki gunung Sharp tepat pada sol 752 (17 September 2014) yang kemudian melakukan pengeboran untuk mengambil sampel dan mengetahui jenis batuan dari kaki gunung Sharp tersebut.
kristal-garam
Mojave
Kemudian pada sol 809 (15 November 2014) Curiosity membersihkan debu merah pada sebidang batu Mars yang diberi nama Mojave, batuan yang mengitari daerah Pahrump Hills. Dalam batuan tersebut terdapat kristal garam, yang mungkin terbentuk ketika sebuah danau kuno atau sungai mengering. Kristal tersebut memberikan petunjuk bahwa terdapat suatu siklus dari kondisi basah dan kering dari Kawah Gale di masa lalu.

Minggu Ini
Sol 831 (7 Desember 2014)
minggu-ini-di-pahrump-hills
Pahrump Hills
Pada minggu ke 11 di Pahrump Hills, Curiosity sedang melakukan putaran keduanya disekitar bebatuan yang tampak berwarna pucat dan sedang mencari lokasi yang tepat untuk melakukan pengeboran.

Jalur Selanjutnya
jalur-selanjutnya
next trip
Sejak pertama kali melakukan pendaratan dan perjalananya hingga saat ini, Curiosity telah menempuh jarak sejauh 6 mil. Dalam waktu dekat ini, Curiosity akan melanjutkan perjalananya mendaki gunung Sharp.

sumber gambar : NASA