Khasiat Daun Cabe Rawit Untuk Pengobatan Alami

Baca Juga

Anekaobatherbalalam.blogspot.com - Cabe rawit ukurannya kecil tapi pedas rasanya, Setelah sebelumnya mengulas tentang Cabe Besar sekarang giliran membedah manfaat dan khasiat dari tanaman cabe rawit. Sama halnya cabe besar buah dari tanaman ini juga merupakan bahan dalam pembuatan sambal pedas dan bumbu dalam memasak segala jenis masakan. Hanya saja ukuran buah yang lebih kecil tapi rasanya lebih pedas. bicara masalah kegunaan daunnya dapat di manfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan yang tak jarang kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

Daun Tanaman Cabe rawit termasuk dalam tumbuhan herbal yang dapat di jadikan resep untuk alternatif pengobatan. Jadi jangan hanya memetik buahnya saja untuk memasak tapi pergunakan juga daunnya untuk obat alami yang jauh lebih aman dari pada kita harus mengkonsumsi obat-obatan yang cenderung berbahan dasar dari zat kimia yang mungkin saja bisa menimbulkan efek lain.

khasiat, manfaat, kegunaan, obat, herbal, daun cabe rawit, masuk angin, sakit perut

Untuk itu berikut ini adalah beberapa resep obat dari Daun Cabe rawit :

- Mengatasi Jerawat

Buatlah Masker pada wajah yang berjerawat dari bahan daun cabe rawit yang telah dihaluskan. Dalam pemakaian masker diperlukan waktu kurang lebih 15 menit agar mengering baru bisa dibersihkan menggunakan air hangat.

- Mengobati Bisul

Layukan daun cabe rawit yang permukaannya telah diolesi minyak sayur terlebih dahulu baru tempelkan pada bagian tubuh yang sedang terkena bisul.

- Mengobati Sakit Perut Dan Masuk Angin

Bahan :
15 Gram Daun cabe rawit yang masih muda yang sudah di giling
1/2 sdt kapur sirih

Cara Meramu :
Campur semua bahan lalu ratakan diatas perut. cara ini bisa dilakukan hanya satu atau dua kali saja.

- Pereda Demam Tinggi

Segenggam daun cabe rawit yang telah di tumbuk dicampurkan dengan 1 sendok minyak selada. Ramuan tersebut ditempelan pada ubun-ubun atau bisa juga di balurkan keseluruh tubuh dengan ditambah diselimuti kain tebal dengan tujuan agar keluar keringat dan panas cepat turun.

- Merontokkan rambut yang diketiak

Dalam hal ini diperlukan proses waxing (mencukur) terlebih dahulu baru setelah bersih gosok dan pijat menggunakan daun cabe rawit yang masih segar dan muda. Cara ini menimbulkan rasa agak panas pada kulit tapi hal ini agar membuat pertumbuhan rambut berhenti. catatan jika terjadi iritasi hentikan cara ini.