Gila! Ribuan Dokumen Milik Einstein Beredar di Internet

Baca Juga

Siapa yang tak kenal dengan salah satu sosok ilmuwan fisika yang menjadi panutan dan inspirasi banyak orang, Albert Einstein. Beliau telah menyumbangkan berbagai karya yang sangat berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan saat ini. Saat ini karya-karnyanya tersimpan dengan baik di Princeton University Press dan juga di Hebrew University of Jerusalem dengan jumlah yang sangat fantastis yaitu sebanyak 80.000 dokumen.

Namun belakangan ini, dokumen-dokumen milik Einstein tersebut di kabarkan telah beredar luas dan tersebar di internet. Dilansir dari nytimes.com, baru-baru ini sebanyak lima ribuan dokumen miliknya telah beredar di internet dalam sebuah situs web.

Dokumen-dokumen tersebut berisi tentang informasi yang terperinci mengenai kultur, politik dan kehidupan dari seorang Albert Einstein pada usianya yang ke 44, tepatnya pada tahun 1923. Di dalam dokumen-dokumen yang beredar itu, disebut-sebut bahwa adanya catatan-catatan mengenai teori relativitas umumnya yang sangat terkenal, transkrip dari universitas, bahkan sampai dengan berkas-berkas perceraian serta beberapa surat yang ditulis oleh Einstein yang ditujukan untuk seseorang yang bernama Michele Besso.

Ialah Diana Kormos Buchwald, seorang profesor dari California Institute of Technology di bidang sejarah yang telah berhasil memproyeksikan dokumen-dokumen Einstein tersebut kedalam 13 jilid dari 30 jilid yang diproyeksikan dengan melakukan berbagai tahap pengeditan sehingga dokumen-dokumen tersebut bisa dengan mudah kita akses dalam versi digital. Dan dalam waktu dekat ini, kemungkinan pada bulan Januari mendatang. Situs tersebut akan kembali merilis jilid ke 14 dengan memuat lebih dari seribu dokumen di dalamnya.

Pemuatan dokumen-dokumen tersebut sengaja dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam upaya untuk mempelajari puluhan ribu dokumen milik Einstein tersebut atas dasar dari hak cipta Einstein sendiri tentang kepada siapa dokumen-dokumen tersebut diwariskan.

Versi digital dari dokumen tersebut bisa dengan mudah kamu akses akses di sini