Cara Menyusun Proposal Penelitian

Baca Juga


Dalam menyusun sebuah proposal penelitan, terdapat beberapa bagian penting yang harus kita pelajari terlebih dahulu. Dalam artikel Cara Menyusun Proposal Penelitian akan sedikit dijelaskan mengenai metode penelitian, pendahuluan/latar belakang dan teknik analisis data yang mana bagian tersebut kerap kali banyak ditemui kesalahan baik dalam penulisan ataupun pemaparanya.

Pada dasarnya, tujuan dari metodologi adalah untuk memberikan gambaran yang menyeluruh, konsisten, dan akurat mengenai prosedur penelitian supaya penelitian lain dapat mereplikasi penelitian yang dilakukan serta cara menganalisis data yang dipakai. Metode penelitian pada dasarnya di kategorikan ke dalam dua unit besar, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Perbedaanya dapat ditinjau dari berbagai aspek, misalnya seperti aspek maksud, tujuan, pendekatan, asumsi, model penjelasan, dan nilai.

Kemudian mengenai latar belakang/pendahuluan, dimana bagian ini mencakup pernyataan atau argumen  yang berkaitan dengan permasalahan atau topik penelitian yang akan dilakukan dengan di dasari oleh pengetahuan, pengalaman, kajian pustaka ataupun penelitian sebelumnya. Di dalam bab pendahuluan atau latar belakang masalah harus muncul tujuan penelitian dan rumusan masalah yang menunjukan bahwa penelitian anda akan memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan terhadap aspek manfaat teoritikal, praktis dan profesional. Disamping itu latar belakang masalah juga harus dapat memunculkan konteks penelitan dan definis penelitian.

Dan terakhir adalah teknik analisis data, dimana tujuan dari bagian ini adalah guna mengetahui tahapan ataupun cara seseorang (peneliti) menentukan dan mengolah data dengan teknik yang sesuai berdasarkan karakteristik dari data itu sendiri. Biasanya, terdapat dua jenis data yang biasa di olah atau di miliki oleh peneliti pada umumnya, yaitu data kuantitatif dan kualitatif.

Selengkapnya, download full text atau pdf