Cara Mengobati Diare Menggunakan Obat Daun Bunga Lilin

Baca Juga

anekaobatherbalalam.blogspot.com Tanaman Bunga Lilin adalah adalah tanaman yang mempunyai bentuk bunga yang menyerupai seperti api lilin yang sedang menyala nyala, sehingga masyarkat menyebutnya sebagai bunga lilin. Dengan memiliki bentuk bunga yang lumayan bagus dan indah tanaman ini pun dibudidayakan untuk dijadikan sebagai tanamanan hias. Agar bisa tumbuh dengan sempurna dan baik sangat dianjurkan oleh pakar untuk menanam tanaman ini di tanah yang subur dan gembur dengan ketinggian 10-1500 m dpl.

Bunga Lilin termasuk dalam tanaman semak tahunan yang tumbuh dengan panjang kurang lebih sekitar antara 28 cm sampai 115 cm. Batangnya itu mempunyai tekstur kasar dengan warna hijau agak kecoklatan serta terdapat ruas-ruas. Daunnya yang tunggal mempunyai bentuk lanset dengan ukuran panjang 5-15 cm dan ujung pangkalnya meruncing tapi tidak tajam, dengan warna daunnya hijau, permukaannya juga amat kasar, tulangnya yang menyirip serta tidak bertangkai dengan posisi menyilang berhadap-hadapan.

daun, bunga, lilin, diare, obat, sakit, khasiat

Bunga Lilin berbentuk bunga bulir dan batangnya bercabang atau keluar di ujung batangnya. Bunga ini termasuk juga dalam golongan bunga majemuk, seludang pada bunga berbentuk bulat lonjong atau oval dan tersusun seperti halnya bongkol dengan ukurannya yang beragam. Kelopak bunga berwarna kuning dengan bentuk jarum panjangnya berkisaran antara 1,5 cm sampai 2 cm. jenis Akar pada tanaman ini adalah akar serabut. jika ingin memperbanyak tanaman bunga lilin dapat dilakukan dengan cara stek batang.

Salah satu manfaat dari daun dari bunga lilin ini dapat di gunakan sebagai obat untuk sakit diare atau mencret, ini dikarenakan kandungan zat dalam daun ini kurang lebih adalah zat polifenol, alkaloid dan saponin yang tugas dan berfungsinya sebagai zat untuk mengatasi saat terkena diare. Hanya saja sebagai orang awam yang kurangnya ilmu pengetahuan daun ini lebih dikenal sebagai tanaman hias saja dan belum banyak orang yang mengetahuinya kalau daun ini bisa digunakan juga untuk menyembuhkan pada saat terkena diare, karena kebanyakan orang pada umumnya itu lebih mengenal daun jambu biji untuk mengobati diare.

Untuk memperkaya pengetahuan kita tentang manfaat alam bagi kehidupan manusia, Berikut ini adalah Cara mengobati diare menggunakan daun bunga lilin.

Obat Diare Daun Bunga Lilin :

Caranya sangatlah mudah dan gampang cukup dengan merebus sampai mendidih 60 gram daun dari tanaman bunga lilin dengan dicampur segelas air putih dingin yang sudah dimasak biar lebih higienis. setelah kisaran waktu 15 menit lalu angkat tiriskan pindahkan ke tempat bersih dengan disaring dan dipisah antar ampas dan airnya untuk didinginkan sejenak. Minum air rebusan yang sudah terbebas dari ampas tersebut sampai habis dengan dosis 2 - 3 kali dalam sehari sampai diare sembuh.