Kue Kering: Kastengel Karakter

Baca Juga

in to the oven they go..

Bismillah..
Bentar..bentar..ga salah nih?? Haree geneee baru mbikin kue kering? Kemmane ajee maak? Lebaran dah lewaaat, haha..
Bukan sodara-sodara..ini mah bikinnya sebelum lebaran kok, dan saat ini udah ludes juga isi toplesnya :D Cuman beberapa minggu terakhir lagi rempong dan males nulis. Jadi aja postingannya pending untuk sekian lama..
Mudah-mudahan tetep bermanfaat yah. Setidaknya buat saya dan keluarga ^^
Ini sebenernya kuker juga awalnya ga niat bikin, tapi karena tiap hari liat postingan ibuk-ibuk di fb group yang menampilkan hasil karya kue keringnya eh lha kok jadi mupeng dan latah juga, hee..
Pengen nyobain yang resep eggless tapi ngga pede karena resepnya pake susu bubuk, sedangkan saya ga ada. Akhernya pilihan jatoh lagi pada resep yang udah pernah dicoba taon lalu. Resep Kastengel ala Chef Degan yang berkolaborasi dengan Blue Band.
Hasilnya renyah kres-kres dengan rasa keju yang kentara. Selera saya sih udah pas ama garing renyah dan ngejunya resep ini. Tapi kalo yang seleranya lebih suka kastengel yang super renyah dan lebih garing lagi, resep eggless kastengel mbak Ricke sepertinya layak dicoba..
Baiklah..mari kembali ke cerita kastengel saya :D Sebenernya saya pinginnya bikin kue kering versi original. Dalam hal bentuk kamsudnya.. Maunya kalo kastengel ya kotak-kotak panjang gitu..trus kue putri salju ya bentuknya bulan sabit gitu. Sayangnya cari cetakannya ga nemu. Mau dibentuk manual hadeuhh..pegel boook. Jadinya beli yang ada aja, cetakan cookies kartun binatang ini. Bentuknya lucu yah, gemes liatnya..mo makan :P Saya sengaja ga banyak kasi taburan keju parut di atasnya, biar ga nutupin bentuknya

fresh from the oven.. unyu-unyu :D
Kemaren saya bikin beberapa batch. Masing-masing saya kasih timer 25 menit. Tapi ada yang saya keluarin <1 menit sebelum bunyi kriing ada yang pas bunyi kriing dan ada yang beberapa menit setelah bunyi kriing.. Hasilnya ada yang undercook, ada yang overcook (baca: agak gelap gosong) dan ada yang pas menurut selera saya, yaitu yang ada di foto di atas. Seinget saya, ini yang pas banget ama bunyi kring. Tapi yah, karena kelakuan oven itu beda-beda, memang untuk bikin kue kering ini oven udah harus dipelototin sejak menit 20an.. Kalo dilihat udah mulai kuning kecoklatan, angkat deh. Kalo matengnya kurang pas meski tetep enak rasanya tapi ga ada sensasi kres-kres kriuknya. Kalo over jadinya kriuk-kriuk dengan citarasa keju pahit (karna gosong :P)

Kue Kastengel
by Chef Degan

Bahan-bahan:
• Blue Band Cake and Cookie 125 gr (saya pake mentega/butter merk lokal)
• Kuning Telur 2
• Tepung Terigu 150 gr
• Tepung Maizena 25 gr
• Keju Edam (parut) 100 gr (saya ganti jadi gouda semua)
• Keju Gouda (parut) 100 gr
• Baking Powder 1/4 sdt

Cara Membuat:
1. Kocok Blue Band Cake and Cookie dan kuning telur hingga putih dan mengembang.
2. Campur terigu dan maizena, ayak, sisihkan.
3. Masukkan keju ke dalam kocokan Blue Band Cake and Cookie, aduk rata.
4. Tambahkan campuran tepung dan baking powder, aduk rata sebentar.
5. Simpan dalam kulkas selama kurang +/- 30 menit.
6. Giling adonan setebal 6 mm dan cetak menggunakan cetakan kastangel.
7. Tempatkan di atas loyang, olesi dengan egg wash, panggang dalam oven dengan suhu 175-180°C selama +/- 25 menit.
8. Setelah dingin, olesi bagian atas kue dengan jeli buah, taburi dengan gula trimis.
9. Sebagai variasi bisa juga di tambahkan taburan keju parut.

EGG WASH:
• Telur 1 butir
• Susu Segar 1 sdm

Selamat mencoba

Disclaimer: Saya tidak menyarankan pake cetakan binatang kaya gini yaahhh, ini juga sama si ayah cetakannya ga boleh dipake lagi, karena jelas berbentuk makhluk bernyawa soalnya.. Jadi sekarang cetakannya buat dipake maenan anak2 ajah :D

Dan tak lupa..
takenbyAyahDindin@JubelParcBrusselsBelgium2014