5 Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

Baca Juga

Solusi HamilNutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama - Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang tinggi terutama saat saat masa kehamilan memasuki trimester pertama ada beberapa makanan yang sangat baik untuk tambahan nutrisi ibu hamil seperti yang dijelas kan di bawah ini.



Makanan bernutrisi sangat berpengaruh pada perkembangan janin dan kondisi tubuh ibu hamil, selain itu perubahan hormon ibu hamil saat 3 bulan pertama berpengaruh pada stamina ibu hamil seperti mudah lelah dan kurang berstamina.

Oleh sebab itu ibu hamil harus memperhatikan makanan yang ia makan di awal awal kehamilan karena selain menambah staminan dan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil makanan yang tepat juga dapat menyehatkan janin yang dalam proses pertumbuhan.

Makanan Yang Seperti Apa yang cocok untuk ibu hamil ?

Makanan yang paling direkomendasikan adalah makanan yang kaya akan asam folat, vitamin, protein dan mineral yang sangat dibutuhkan selama ibu hamil.

Berikut Makanan Yang Wajib Untuk Nutrisi Ibu Hamil:

1. Sayuran
Jika anda selama ini seseorang yang kurang menyukai sayur sayuran disarankan mulai lah menyukai sayuran dan perbanyak makan sayuran di saat saat anda hamil karena sayuran sangat baik untuk perkembangan janin anda dan juga menambah stamina anda sendiri, jangan pernah menolak sayur lagi sebab kini apa yang anda makan adalah makanan untuk perkembangan janin anda.

Suka tidak suka dengan sayur ingatlah bahwa itu untuk anak anda, untuk perkembangan anak anda dan kesehatan nya di dalam kandungan.

Sayuran yang disarankan adalah sayur sayuran seperti bayam karena mengandung zat besi yang tinggi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh ibu hamil, selain itu sayur sayuran juga dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

2. Buah Buahan
Buah buahan adalah salah satu nutrisi yang penting tak terkecuali untuk ibu hamil di trimester pertama, buah buahan sangat baik untuk menambah stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah pisang dan apel.

Buah pisang mengandung kaya akan asam folat yang sangat baik untuk perkembangan sel sel otak bayi di dalam kandungan, mengkonsumsi pisang bisa sebagai cemilan atau sebagai makanan penutup yang penting asupan buah buahan setiap hari nya terpenuhi.

3. Seafood
Seafood adalah salah satu makanan bergizi tinggi yang sangat baik untuk bayi anda, bayi dalam pertumbuhan membutuhkan nutrisi yang sangat banyak seperti protein, vitamin a, dan omega 3, yang semuanya terdapat makanan sea food seperti udang, ikan, cumi cumi ataupun lobster yang sangat baik untuk pertumbuhan orak calon bayi anda.

4. Susu dan Produk Olahan nya
Makanan yang keempat adalah susu dan produk olahan nya, susu adalah asupan wajib bagi ibu hamil yang tidak bisa ditawar tawar lagi selain itu perlu juga untuk tambahan nutrisi yaitu mengkonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt, keju dan sejenis nya karena asupan seperti susu dan produk olahan nya memiliki nutrisi yang tinggi seperti protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otot dan sel sel dalam tubuh bayi anda.

5. Kacang Kacangan dan Sereal
Sereal merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena mengandung karbo, Vitamin B, serta kalsium yang dibutuhkan bayi dan meningkat kan kondisi tubuh ibu hamil, selain itu sereal juga makanan yang kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh.

Selain itu kacang kacangan seperti kacang kedelai dan kacang hijau, makanan ini juga harus sering dikonsumsi ibu hamil karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi seperti Vitamin B dan asam folat.

Nah itulah 5 Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil saat trimester pertama sebab selain meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah staminan ibu hamil nutrisi diatas juga sangat baik untuk perkembangan bayi anda yang membutuhkan asupan gizi yang tinggi.

Demikianlah artikel bermanfaat tentang 5 Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama ini semoga ibu yang sedang hamil senantiasa diberikan kesehatan serta bayinya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan dibutuhkan tubuh.