Tumpeng Putih: Nasi Uduk (plus resep)

Baca Juga


Bismillah..
Ga berasa yaah..tau-tau udah hari ke 5 Ramadhan. Semoga Allah memberikan kelancaran dan kemudahan bagi semua yang menjalankan puasa. Terutama yang sedang berada di belahan bumi utara nih, karena sedang kebagian musim panas, puasanya lebih panjang. Di Belgia dan sekitarnya kira-kira 19 jam, hohoo.. perjuangan banget euy puasa dimarih. Kalo ga perlu-perlu amat keluar, mending ngadem aja di rumah. Hihi..
Nah, kembali ke topik postingan, kali ini saya mo share pesanan tumpeng yang saya kerjakan beberapa hari sebelum Ramadhan kemarin. Tumpeng ini dipesan teman untuk acara syukuran kelahiran bayi pertamanya. Ganteengg deh bayinya, blasteran Indo-Romania. Mamanya Indo, papanya dari Romanie. Nama bayinya Vlad..Cakepp yah namanya. Bule bingit..hihihi

Dan 11-12 sama puasa di Belgie, bikin tumpeng ini juga perjuangan bangeett.. Karena partner in crime cook saya, si bundo, lagi sibuk ngerjain masakan padangnya, jadilah saya single fighter kali ini. Alhamdulillah selesai juga, meski meleset sedikit dari waktu yang direncanakan. Yang pesen juga puas, katanya tumpengnya cantik, mo disimpen aja ga usah dimakan, wkwkwk..

Sesuai permintaan, tumpengnya dibuat putih. Tapi ini bukan nasi putih biasa lho yaa.. Ini nasi uduk. Karena menggunakan beras thailand, nasi uduknya pulen. Dan tetep bisa dicetak kerucut tumpeng. Saya bikinnya ga pake ribet lho ini, ga pake ngaron ga pake ngukus..yaak, saya pake rice cooker sajah. (bilang aja males :P hihihi ). Hasilnya tetep enak aja kok..kuncinya ya itu tadi, pastikan berasnya bagus supaya hasilnya tetep pulen.

Nasi Uduk dengan Rice Cooker

Bahan:
1 kg beras
1 pak santan instan (200 ml)
air secukupnya
2 sdm garam
3 daun salam
2 batang sereh dikeprek

Cara membuat:
1. Cuci bersih beras kemudian letakkan di wadah ricecooker. Masukkan santan, garam, daun salam dan sereh, aduk rata
2. Tambahkan air secukupnya hingga sebanyak air yang biasa digunakan untuk menanak nasi.
3. Pencet 'cook'. Saat matang, segera aduk rata nasi kemudian tutup lagi dan biarkan dalam kondisi 'warm' hingga kurang lebih 10 menit
Siap disajikan

Kurang simpel apalagi cobaaa..yuk cobain. Lumayan buat buka puasa sesekali ^^