Cara Mengatasi Kegemukan Dengan Tips Diet Sehat Alami

Baca Juga


Sehat Alami. Pernahkah mengalami masalah berat badan? jika iya pasti anda pernah merasa di buat malu olehnya karena keindahan tubuh anda harus rusak karena terlihat gelambir lemak dimana-mana. Berat badan yang berlebih memanglah sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dalam hal penampilan ataupun juga hal dalam masalah kesehatan.

Obesitas atau biasanya orang awam itu menyebutnya kegemukan adalah suatu kondisi dimana lemak pada tubuh yang terakumulasi berlebihan sehingga mempunyai dampak yang tidak bagus untuk kesehatan sehingga berpotensi terjangkit beberapa jenis penyakit.

Dijaman sekarang ini perhatian akan masalah kesehatan sangat lah minim. Dengan pola makan yang tak beraturan serta memakan jenis makanan tanpa diperhatikan kandungan-kandungan nutrisi yang di dalamnya di tambah mengkonsumsi makanan secara berlebih melebihi kebutuhan dalam tubuh, sehingga ini menjadi salah satu penyebab utama dan mendasar orang mengalami obesitas. Banyak sekali individu yang setelah mengalaminya meresa menyesal dan berusaha dengan segala cara untuk menurun berat bedannya. Karena setelah terkena dampak dari kegemukan barulah mereka sadar akan betapa pentingnya kesehatan. 

kegemukan, diet
Masalah yang sering dihadapi oleh para penyandang obesitas adalah jelas yang pertama ialah masalah penampilan kita yang menjadi tidak enak dilihat. Membuat kita tidak Percaya diri jika berhdapan dengan lawan jenis atapun berhadapan di tengah-tengah kegiatan bermasyarakat. Tapi sebenarnya yang lebih berbahaya untuk hidup penderita kegemukan adalah masalah kesehatan. jika kita mempunyai sisa lemak yang berlebih pada tubuh kita ini sangat berpotensi mengalami berbagai penyakit terutama penyakit-penyakit kronis seperti sakit jantung, terkena penyakit diabetes, asma bahkan kanker pun juga bisa mengancam bagi penderita kegemukan.

Berikut ini adalah tips-tips untuk mengatasi masalah kegemukan serta cara menurunkan berat badan dengan cara diet sehat ataupun dengan cara-cara yang lain agar badan menjadi sehat, ramping, dan langsing :


  • Cara Pertama yang bisa menurunkan berat badan adalah dengan Olah Raga secara teratur dan berkala.

senam, jogging, sit-up. push-up
Olah Raga Secara teratur membuat badan kita menjadi fresh dan sehat serta efektif dalam pembakaran kalori dan lemak sehingga membuat berat badan kita menyusut berkurang dengan sendirinya secara perlahan-lahan karena kalori maupun lemak berlebih yang tersimpan pada lapisan kulit kita di ubah menjadi tenaga untuk beraktifitas. lakukan lah kegiatan pemanasan terlebih dahulu trus di lanjutkan dengan olah raga inti dengan kurun waktu 30 menit per hari. olah raga yang di lakukan seperti halnya sit-up, back-up, push-up, angkat beban, lari, lompat tali, dll


  • Cara yang Kedua selanjutnya adalah dengan Diet Sehat

wortel, tomat, buah, sayur
Diet bukan berarti tidak makan. diet sebenarnya adalah dengan cara mengatur pola makan dengan waktu yang teratur yang di barengi dengan asupan makanan yang sehat yang rendah akan lemak dan kalori. dalam hal diet ada yang berpendapat dengan sering makan seperti contoh sehari 5 kali makan dengan porsi yang sedikit ini dikarenakan dengan sering memberi asupan makan berarti membantu dalam metabolisme dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. tapi pada intinya diet sehat adalah memperhatikan asupan makanan yang akan masuk dalam tubuh kita seperti hal nya memperbanyak makanan-makanan kaya akan serat seperti sayuran juga rendah lemak dan kalori seperti buah-buahan. hindarilah makan makanan berkalori dan berlemak seperti daging dan kuning telur terutama makanan gorengan dan masih banyak lagi. yang terakir perbanyak lah minum air putih 8 gelas per hari. Serta satu lagi untuk tetap menjaga kebutuhan kalsium untuk tulang minumlah susu yang rendah lemak pada pagi hari.

Tips Menu Makanan Diet Sehat :

-  Menu Diet Sehat Untuk Makan di Pagi hari yang rendah akan kalori :

Kentang Yang sudah di rebus
satu butir telur rebus dengan dikurangi kuning telurnya
sayur tumis brokoli atau juga tumis jamur dan paprika
minum jus tomat dengan pisang sebagai pencuci mulut.

-  Menu Diet Sehat Untuk Makan di siang hari yang rendah kalori :

Nasi dari beras merah
ayam panggang bagian dadanya saja
sayur sop dengan isi kol, brokoli, wortel serta kentang
minum jus jeruk dengan buah pepaya sebagai pencuci mulut.

-  Menu Diet Sehat Untuk Makan di malam hari yang rendah kalori :

Ubi / jagung yang di rebus
telur yang di goreng menggunakan margarin dengan dikurangi kuning telurnya di tambah sayur bayam
minum jus melon dengan pisang sebagai pencuci mulutnya.