Tips Untuk Meringankan Kram Menstruasi

Baca Juga

Tips untuk meringankan kram menstruasi biasanya merupakan tips yang akan banyak dicari oleh sebagian besar wanita, karena pada saat masa menstruasi tentunya setiap wanita akan merasakan kram pada bagian perutnya. Kondisi tersebut tentu saja akan membuat tidak nyaman wanita manapun, namun sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa hal tersebut memang merupakan kodrat dari seorng wanita yang memang harus dijalani.


Karena menstruasi sendiri merupakan sebuah proses pengelupasan dinding rahim disaat sebelum wanita tersebut memasuki masa ovulasi, maka dari itulah tak heran jika ketika tengah mengalami menstruasi tersebut setiap perut wanita akan merasakan sakit. Namun sebenarnya terdapat beberapa tips yang dapat meringankan kondisi kram pada bagian perut mereka tersebut, dan informasi mengenai hal tersebut juga sudah akan dengan mudah anda temukan di berbagai situs ataupun website di internet.

Dan di bawah ini adalah beberapa tips untuk meringankan kram menstruasi yang dapat kita ketahui bersama


Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bantal pemanas, bantalan yang biasanya dapat di isi dengan menggunakan air panas tersebut dapat anda letakan di bagian perut untuk mengurangi kram pada bagian perut anda. Karena panas yang dihasilkan dari bantalan tersebut dapat melemaskan sebagian otot-otot pada bagian perut yang sedang kram akibat menstruasi, sehingga anda pun akan merasakan nyaman dengan menggunakan cara tersebut.

Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan obat-obatan yang memiliki kandungan seperti naproxen dan juga sodium ibuprofen, karena obat-obatan yang memiliki kandungan tersebut memang dapat meringankan kontraksi yang terjadi pada perut dan juga memudahkan sirkulasi aliran darah. Dan biasanya kram perut tersebut akan terjadi pada sekitar 2 hari sebelum memasuki masa menstruasi hingga biasanya akan memasuki puncaknya pada hari pertama menstruasi. Dan jika hendak menggunakan obat tersebut, maka sebaiknya mengikuti segala anjuran dosis yang ditentukan atau lebih baik mengikuti saran dokter.

Adapun beberapa tips untuk meringankan kram menstruasi lainnya yang dapat diketahui seperti dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur, mengkonsumsi makanan yang bergizi, mempertahankan berat tubuh hingga pada berat yang ideal, dll, semoga sedikit ulasan di atas dapat menjadi sebuah informasi kesehatan yang dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.