Cara Mudah Membuat Jamu Beras Kencur Tradisional

Baca Juga

Jamu Beras Kencur adalah minuman tradisional yang juga bisa di kategorikan sebagai minuman kesehatan karena minuman ini tidak hanya untuk menghilangkan rasa dahaga dengan kesegarannya tapi mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan bagi orang yang meminumnya seperti menambah nafsu makan , sebagai penghilang rasa pegal-pegal dan lelah, sebagai obat saat batuk dan sebagainya. Manfaat Jamu Beras kencur sudah terpercaya sejak jaman dahulu kala makanya sampai sekarang pun masih bisa bertahan di era modern ini dengan aneka minuman minuman yang sudah beragam jenisnya.

Minuman yang sudah dibuat secara turun temurun ini tetap selalu di pertahankan di setiap generasi karena bukan hanya sekedar cagar budaya jawa tapi melainkan karena kealamiannya yang tidak beresiko untuk kesahatan tubuh kita. Maka dari itu untuk selalu menjaga eksistensinya jamu beras kencur banyak di eksplor menjadi minuman yang di sesuaikan dengan jaman yang berlaku sekarang seperti di jadikan rasa dalam sirup dijadikan minuman-minuman instan yang dimasukan kedalam botol dan kaleng.

cara membuat, khasiat, manfaat

Walopun tidak di pungkiri Jamu beras kencur identik dengan jamu gendongan bukan berarti kita tidak bisa membuatnya di rumah dengan tangan kita sendiri. Bagi yang berkenan dan berminat untuk membuatnya sendiri tanpa harus membeli ini adalah caranya membuat jamu beras kencur yang mudah dan gampang :


Bahan Untuk Membuat Jamu Beras Kencur :
7 Ruas Kencur Sepanjang Jari Tangan
7 Sendok Beras
1 Butir Jeruk Nipis
1 Ruas Jahe Sebesar Ibu Jari
250 Gram Gula Jawa
1 Ruas Kunyit
2 Sendok Asam Jawa
Garam
Pandan

Cara Membuatnya Jamu Beras Kencur :
Cuci beras sampai bersih lalu direndam selama kurang lebih 180 menit. Sembari menunggu rendaman beras rebus bahan gula jawa, beserta kunyit, jahe, asam, dan daun pandannya bersama 6 gelas air saja sampai masak dan saring airnya pisahkan dengan ampasnya. Setelah itu tumbuk beras yang telah di rendam bersama bahan yang telah di rebus di tambah kencur di tumbuk sampai halus. Lalu air hasil rebusan tadi di tuangkan ke bahan yang sudah di haluskan secara perlahan lahan atau dikit demi sedikit sampai abis. Di lanjutkan dengan di saring lagi untuk di ambil airnya saja. Tambahkan garam dan perasan jerus nipis secukupnya dengan di aduk dan jadi lah jamu beras kencur yang siap di hidangkan untuk diminum bersama keluarga. Jika terasa kurang manis bisa di tambahkan gula lagi secukupnya.