Asupan Gizi Ibu Hamil

Baca Juga

Satu-satunya sumber asupan gizi ibu hamil yaitu tentu saja melalui berbagai macam makanan yang biasa di konsumsi sehari-sehari, dan asupan gizi tesebut tentu saja merupakan sebuah hal penting yang harus diperhatikan. Karena berbagai macam gizi tidak hanya dibutuhkan oleh ibu yang tengah mengandung saja, akan tetapi janin di dalam kandungan pun akan sangat membutuhkan berbagai macam gizi guna tumbuh kembangnya saat berada di dalam kandungan. Dari awal masa kehamilan ibu hingga pada saat akan memasuki tahan persalinan nanti setelah 9 bulan, makanan yang dikonsumsi haruslah sangat dijaga dan diperhatikan, hendaknya ibu lebih bijak serta selektif dalam mengkonsumsi berbagai macam makanan agar bisa memenuhi kebutuhan gizi janin dan juga ibu yang mengandung.

Asupan Gizi Ibu Hamil

Namun terkadang masih ada saja ibu hamil yang mengabaikan hal tersebut mungkin karena memang minimnya pengetahuan yang dimiliki. Makanan memang dapat memberikan segala macam kebutuhan gizi pada janin dan juga ibu, namun perlu diketahui juga bahwa beberapa makanan juga dapat membahayakan kondisi janin yang berada di dalam kandungan jika ibu hamil tersebut tidak berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Dan jika ibu hamil sendiri kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi, maka dampak yang akan di dapatkan bukan hanya pada dirinya saja, akan tetapi juga akan menyebabkan berbagai macam dampak yang buruk bagi janin. Mulai dari lemahnya kondisi janin hingga dapat menyebabkan kecacatan pada janin ketika dilahirkan.

Makan dari itulah untuk dapat memenuhi asupan gizi ibu hamil harus mengetahui makanan apa saja yang wajib dikonsumsi ketika mengandung, karena hampir seluruh gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan juga janin yang berada di dalam kandungan berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Makanan pertama yang wajib ibu konsumsi adalah daging, ikan, dan juga telur, ketiga makanan tersebut dapat memberikan gizi yang tidak terhingga bagi ibu hamil, namun untuk daging konsumsilah daging yang sudah tanpa lemak, dan untuk ikan laut batasilah untuk mencegah terkontaminasi oleh zat merkuri. Makanan kedua yang wajib dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan, konsumsilan buah san sayuran beraneka warna namun untuk sayuran fokuskanlah pada yang berwarna daun hijau tua.

Dan makanan terakhir yang wajib dikonsumsi oleh ibu adalah susu untuk kehamilan, karena di dalam susu untuk ibu hamil sudah terdapat berbagai gizi dan juga nutrisi yang akan membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi ibu hamil, seperti salah satunya adalah asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan, kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.