Jenis Tumor Otak Primer

Baca Juga

Artikel Kesehatan - Otak adalah salah satu organ vital manusia yang memiliki peran sangat penting sebagai pengatur fungsi tubuh. Oleh karena itu sangat penting bagi kita dalam menjaga kesehatan otak. Otak sebagai organ tubuh yang mudah cedera terutama pada saat kepala terbentur. Selain itu otak juga rawan terhadap terjadinya penyakit Tumor Otak atau kanker otak.

Ada 2 jenis penyakit tumor otak yang ada tumor otak primer dan tumor otak sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang berasal dari otak, sedangkan tumor otak sekunder merupakan tumor yang berasal dari luar otak atau bagian tubuh lainnya. Untuk tumor primer terdiri dari beberapa jenis, diantaranya.
  • Astrocytoma, kanker otak yang terdapat pada sel-sel neuroglia astrosit dan memiliki bentuk bintang.
  • Glioma, kanker otak yang terdapat pada sel-sel glia atau neuroglia, tisu yang mengelilingi dan mendukung neuron atau sel-sel saraf otak. Glioma adalah kanker otak yang paling banyak dimana meliputi 50% tumor otak primer.
  • Medulloblastoma, tumor otak yang terdapat pada otak kecil dan menyebar dengan cepat ke jaringan sekitarnya, terutama di cairan serebrospinal dan batang otak. Medulloblastoma adalah tumor ganas yang sering terjangkit pada anak.
  • Ependymoma, kanker otak yang terdapat pada ependyma atau membran epitel yang melapisi ventrikel otak dan kanal tulang belakang.
  • Glioma batang otak, kanker otak yang terdapat pada bagian otak yang berisi medula oblongata, pons varolii, dan otak tengah,  bagian otak yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke otak.
  • Meningioma, tumor otak yang terdapat pada meninges atau membran otak dan sumsum tulang belakang. Jenis tumor meningioma biasanya jinak dan tumbuh dengan lambat sehingga terlambat untuk dideteksi.
  • Adenoma hipofisis, tumor otak yang terjadi pada kelenjar hipofisis dan dasar otak dan ini termasuk dalam tumor jinak.
  • Neurinoma, tumor otak yang terdapat pada fosa posterior. Saraf kranial kedelapan, yang menyampaikan indera pendengaran dan keseimbangan.
  • Limfoma, tumor otak yang terjadi pada limfosit (sel yang memiliki tugas untuk pertahanan tubuh). Tumor ini  termasuk tumor ganas yang berasal dari jaringan limfoid. Tumor ini sering terjadi pada pasien dengan AIDS dan pasien imunosupresi.