Kurangilah Makanan Ini Untuk Kurangi Sariawan dan Panas Dalam

Baca Juga

Sariawan, penyakit yang sering dianggap remeh padahal karena sariawan membuat proses mengunyah ataupun berbicara menjadi terganggu. Penyebab sariawan ada  beberapa yang sering biasanya adalah disebabkan karena luka akibat sikat gigi, atau sebab jamur di mulut.

Buruknya pola makan, metode pengobatan antibiotik serta parasit dengan lingkungan yang kondusif akan menyebabkan tumbuhnya jamur (candida). Livestrong merekomendasikan makanan untuk mengatasi sariawan dan panas dalam.

1. Hindari Gula

Sebaiknya hindari konsumsi gula bila menderita sariawan. Berbagai macamgula seperti, fruktosa, laktosa, glukosa, sukrosa dan lain-lain sebaiknya dihindari. Hindari beberapa makanan yang mengandung gula seperti roti putih. Hal itu karena  gula akan dirubah menjadi cairan asam yang dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulut.

2. Makan Vitamin C

Untuk bisa mempercepat penyembuhan luka, anda bisa konsumsi vitamin C sebagai bahan anti peradangan . Vitamin C juga bisa membantu penyerapan zat besi yang berperan dalam mengatasi masalah sariawan. Selain itu konsumsi pula makanan yang mengandung vitamin C seperti,  tomat, jeruk, apel, pepaya dan lain-lain.

3. Kurangi konsumsi kopi
Efek diuretik kopi dapat menyebabkan berkurangnya kadar air dalam tubuh. Jika kadar air berkurang maka panas tubuh akan meningkat. Saat panas tubuh meningkat maka kita dapat mengalami panas dalam, yang akan berujung sariawan.

4. Konsumsi Vitamin B

Kelelahan,anemia dan sariawan adalah penyakit bisa pula diakibatkan karena kekurangan vitamin B. Susu kedelai, telur ikan, dan rice milk adalah makanan yang banyak mengandung vitamin B.



via.detik.com