Penyanyi dangdut dan Akil Mochtar

Baca Juga

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar dalam dua tahun terakhir terlacak rutin mentransfer uang kepada seorang diva dangdut. Jumlah dana yang ditransfer mencapai Rp 900 juta lebih.

Sang diva itu berinisial RF. Bagi penggemar dangdut, namanya tak asing karena pernah mengikuti kontes dangdut di TPI. Maka, di jagat dangdut, mojang Bandung ini oun sudah banyak dikenal.

Berdasarkan pelacakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Akil diketahui rutin setiap bulan mentransfer RF. Jumlahnya bervariasi, Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Total ada lebih dari Rp 900 juta yang ditransfer Akil ke rekning RF di Bank Rakyat Indonesia. Transfer dilakukan dari rekening Akil ke rekening RF.
RF mengakui memang sudah lama mengenal Akil Mochtar yang kini meringkuk di sel tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah tertangkap tangan menerima uang suap terkait dengan penanganan sengketa pemilu kepala daerah di Mahkamah Konstitusi.

RF juga mengaku kaget saat mengetahui Akil ditangkap KPK lewat berita. "Aku kaget, lho, Pak Akil ditangkap. Aku lagi di Denpasar, subuh-subuh aku lihat berita, lho, Pak Akil itu. Aku lagi ada kerjaan nyanyi di Bali saat itu," ujar RF.

RF mengaku mengenal Akil dari seseorang yang memintanya mengisi acara kampanye calon gubernur Kalimantan Barat pada 2007. RF baru saja selesai mengikuti kontes di TPI tiga tahun sebelumnya. Sebagi peserta kontes, dia ketika itu masih berada di bawah manajemen artis telivisi yang punya brand.

Pada 2007 itu oleh orang lupa dia ingat, RF dihubungi untuk ikut mengisi acara kampanye pemilihan gubernur Kalimantan Barat. "Waktu itu Pak Akil calon gubernurnya," katanya.

RF masih ingat, itulah kerjaan paling besar pertamanya sebagai artis dangdut profesional. Bersama penyanyi dangdut yang sudah lebih dulu tersohor, dia menyanyi di 17 titik lokasi kampanye.

"Dulu, aku berangkat saja. Sampai 17 titik, termasuk buat job-ku. Calon gubernurnya Pak Akil, wakilnya aku lupa," ujarnya.

Sejak itulah RF mengaku dekat dengan Akil. Namun, kedekatan tersebut menurut dia benar-benar profesional. Dia sebagai penyanyi dan Akil yang membutuhkan penyanyi untuk mengisi acaranya ataupun acara-acara temannya.

Menurut RF, Akil memang sering juga meminta dia mengisi acara tertentu dari koleganya. "Beliau nyumbang ke teman, acara dinner atau event-event tahun baru. Misalnya, ada teman Pak Akil punya acara, nanti dia bilang ke temannya. Ya sudah saya kirim penyanyi. Saya nanti berangkat sama asisten," tutur RF.

Dia tidak mengingat siapa saja teman Akil yang pernah disumbang dengan penampilannya. Namun yang pasti, menurut RF mantan politisi Partai Golkar itulah yang selalu membayar penampilannya.

"Saya enggak pernah ingat siapa temannya. Misal, acara dinner di Tarakan, nanti ada yang jemput langsung di bandara," ujarny